Ahad 18 Nov 2018 03:30 WIB

Mandi Air Hangat Baik untuk Jantung dan Bakar Kalori

Mandi air hangat dapat meningkatkan konsentrasi oksida nitrat dalam darah.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Israr Itah
mandi (ilustrasi)
Foto: http://www.livescience.com
mandi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID -- Jangan remehkan aktivitas mandi yang biasanya kita lakukan. Ternyata, mandi dengan air hangat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan jantung dan membakar kalori.

Penelitian Universitas Oregon, Amerika Serikat, seperti dilansir dari laman Men's Health, Sabtu (17/11), menyebut mandi air hangat secara teratur dapat menurunkan tekanan darah yang dapat memicu penyakit jantung. 

Penelitian tersebut menyimpulkan terapi mandi air hangat dapat meningkatkan konsentrasi oksida nitrat dalam darah untuk melebarkan pembuluh. Penelitian terpisah juga menunjukkan bahwa paparan berulang terhadap air hangat meningkatkan fungsi endotel. Itu berarti lapisan pembuluh darah bekerja lebih baik untuk menahan risiko kardiovaskular yang meningkat saat seseorang bertambah tua.

Para ilmuwan Universitas Loughborough juga meneliti manfaat kesehatan potensial dengan menaikkan suhu inti Anda sebesar 1 derajat Celcius saat mandi. Ini dapat membakar 140 kalori atau setara dengan jumlah setengah jam berjalan kaki.

Sehingga, satu studi menemukan jika itu dilakukan tiga kali sepekan, dapat membakar kalori setiap bulan. Kebiasaan ini akan mengurangi risiko obesitas yang merugikan jantung. Ternyata, mandi air hangat sebagai salah satu cara paling santai untuk menurunkan risiko penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement