Selasa 20 Nov 2018 15:35 WIB

Kokoda Hidangan Khas Kepulauan Fiji

Kokoda merupakan salad dari ikan bercitarasa asam gurih.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Kokoda Hidangan Khas Kepulauan Fiji di Jakarta, Jumat  (16/11)
Foto: Republika/Rossi Handayani
Kokoda Hidangan Khas Kepulauan Fiji di Jakarta, Jumat (16/11)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepulauan Fiji mungkin sebatas diketahui keberadaannya, tapi kurang dikenal oleh orang Indonesia. Berwisata ke Pulau Fiji juga belum jadi pilihan utama turis Indonesia.

Tak hanya memiliki keindahan alam yang atraktif, Fiji juga memiliki kuliner yang khas. Salah satunya adalah kokoda. Chef, Steby Rafael mengatakan, kokoda ini merupakan makanan pendamping seperti salad dan bukan sebagai makanan utama di Fiji.

"Di dalam kokoda itu ada santan, jeruk nipis, dan ikan, kemudian bahan pelengkapnya seperti, tomat, bawang, dan paprika," kata Chef Steby di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Steby mengatakan, kokoda di Fiji biasanya menggunakan ikan mahi-mahi yang dicampurkan dengan santan asli, kemudian disajikan dalam batok kelapa. Selain dengan ikan mahi mahi, kokoda bisa dinikmati dengan ikan daging putih seperti, dori dan kakap. Penggunaan ikan tenggiri tapi tidak disarankan karena dagingnya yang mudah hancur.

Jika tertarik membuat Steby membuat beberapa modifikasi dari menu kokoda yang bisa ditiru. Yaitu dengan tambahan potongan ayam, udang dan ikan. Kemudian pendampingnya ditambahkan irisan jeruk nipis, potongan tomat kecil, paprika hijau dan cabai.

"Ini menggunakan santan asli yang mentah ditambahkan garam. Untuk yang dimasak bisa cukup air saja, yang telah dicampurkan dengan rempah-rempah sampai mendidih. Kemudian baru air tersebut dicampurkan dengan santan," ujar Steby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement