Jumat 16 Nov 2018 08:41 WIB

Lima Rahasia Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan hampir setiap hari.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Membersihkan rumah. Ilustrasi
Foto: Pixabay
Membersihkan rumah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah yang bersih dan rapi adalah hal yang indah dan sebenarnya mudah dicapai. Rumah yang bersih dan rapi tidak hanya memiliki daya tarik estetika, namun juga akan memberi Anda perasaan senang di rumah.

Kemungkinan Anda akan terkejut mengetahui orang-orang yang menjaga rumah mereka tetap bersih, sebenarnya tidak menghabiskan banyak waktu dan energi untuk membereskan perabotan rumah. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan hampir setiap hari.

Tindakan inilah yang paling berkontribusi menjaga rumah tetap bagus dan rapi. Triknya, mengikuti beberapa tips secara berkala, terkadang setiap hari, dan hasilnya adalah rumah yang indah.

Anda juga akan merasa senang ketika pulang setelah seharian bekerja. Sedangkan jika semuanya berantakan dan kotor, itu akan mengingatkan Anda tentang banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan selama akhir pekan.

Berikut beberapa tips dasar yang dapat diterapkan dilansir di laman Womanitely, Kamis (15/11).

Merapikan tempat tidur

Membereskan tempat tidur segera setelah Anda bangun adalah salah satu langkah pertama memiliki rumah yang bersih. Dengan melipat selimut dan sprei, menempatkan bantal di tempat yang tepat, hal pertama di pagi hari, maka akan memberikan awal yang positif untuk hari itu.

Kegiatan ini bisa dilakukan di malam hari sebelum tidur, namun mungkin Anda akan sangat lelah karena pekerjaan hari itu akan mulai terasa seperti beban. Oleh karena itu, urutkan tempat tidur Anda terlebih dahulu di pagi hari.

Bersihkan kulkas sepekan sekali

Anda perlu membersihkan kulkas sepekan sekali. Tidak perlu berlebihan untuk menggosok dan mencuci.

Lemari es cenderung berantakan karena Anda  mengumpulkan barang-barang disana selama sepekan. Anda dapat membuka kulkas dan membuang barang-barang yang tidak perlu, yang entah tidak bisa digunakan lagi atau sudah lama rusak.

Ini juga merupakan waktu yang ideal untuk membersihkan tumpahan atau kotoran. Melakukan ini sekali sepekan sudah cukup untuk memberi Anda perasaan bersih dan mencegah jamur tumbuh di dalamnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement