Selasa 13 Nov 2018 10:42 WIB

Memaksimalkan Fitur Instagram untuk Promosi Bisnis

Indonesia adalah negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Instagram.
Foto: EPA
Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Promosi adalah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Promosi dapat memudahkan orang lain atau calon pelanggan mengenal dan mengetahui produk yang ditawarkan. Sebagai satu strategi penting, kerap kali para pebisnis harus mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikan bisnisnya agar dikenal secara luas.

Bagi pemula, ini tentu tidak mudah, apalagi yang memulai usahanya dengan modal pas-pasan. Di era digital ini ada banyak saluran yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis ke calon pelanggan. Salah satunya memaksimalkan fitu-fitur di media sosial seperti Instagram.

Baca Juga

"Fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram dirancang untuk membuat interaksi pebisnis dan konsumen lebih mudah, nyaman dan menarik sehingga hubungan antara bisnis dan konsumen menjadi lebih bermakna," kata Ferdy Nandes, Head of Emerging Business & SMBs, Facebook & Instagram South-East Asia, beberapa waktu lalu.

Dalam memperkenalkan produk, pebisnis bisa berkreasi dengan format vertikal. Format vertikal adalah format baru yang mampu menarik perhatian pelanggan dengan cepat melalui kontennya yang memenuhi seluruh layar.

Instagram juga menyediakan beberapa format iklan untuk Feed dan Stories seperti Promote Feed, Stories Ads dan Carousel Ads. Fitur Promote ini memungkinkan bisnis menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Pebisnis dapat menggunakan fitur Promote Feed untuk mengiklankan unggahan terbaiknya.

Sedangkan untuk menampilkan iklan di Stories, pebisnis bisa memanfaatkan dua format iklannya yaitu foto berdurasi lima detik atau video berdurasi 15 detik. Menurut Ferdy, Indonesia adalah negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Secara global, 52 persen pengguna Instagram mengaku lebih tertarik terhadap sebuah merek atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories. Sementara itu, bisnis yang melakukan Live mendapatkan 1,5 kali lebih banyak jumlah likes dibandingkan bisnis yang belum pernah Live.

Tidak hanya itu, Instagram juga meluncurkan format iklan baru bernama Carousel Ads yang memungkinkan pebisnis menampilkan tiga konten secara berurutan dalam satu iklan. Carousel Ads juga memungkinkan pebisnis untuk menggabungkan format foto dan video dalam satu konten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement