Jumat 09 Nov 2018 19:58 WIB

Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Minyak Jarak

Minyak jarak meningkatkan sirkulasi darah saat dibalurkan ke kulit kepala.

Biji jarak bahan pembuatan minyak jarak.
Foto: Antara
Biji jarak bahan pembuatan minyak jarak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sampo antiketombe, kondisioner, dan pelembap hanya digunakan saat kulit kepala dan kulit tubuh dalam kondisi kering. Satu kiat untuk memperbarui kulit kepala kering dan kulit sensitif adalah dengan mengoleskan sedikit minyak jarak, cairan kuning pucat yang diekstrak dari biji jarak.

Dahulu, minyak jarak dikenal sebagai cairan berbau busuk yang biasa digunakan untuk menghukum anak oleh orangtua yang kejam. Sekarang minyak jarak menjadi solusi mengatasi kulit kepala yang gatal dan kering. Sebab minyak jarak membantu pertumbuhan lapisan pelindung alami kulit kepala.

"Jika Anda dapat menemukannya dalam bahan ramuan rambut Anda, maka minyak jarak dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah bila Anda memijatnya ke kulit kepala," kata ahli kebersihan diri Birgit Huber dari asosiasi industri Jerman, IKW, menurut laporan DPA dilansir Jumat (9/11).

Minyak  jarak ini memberikan dampak pada sirkulasi darah yang juga menjadi alasan mengapa minyak ini direkomendasikan untuk merangsang pertumbuhan rambut pada orang yang botak. Tapi hanya sedikit bukti klinis yang dapat membuktikan khasiat dari minyak jarak tersebut.

Meski minyak jarak mungkin tidak dapat mengembalikan rambut rontok, Anda dapat menggunakan minyak ini untuk melembapkan rambut. Serta membuatnya lebih elastis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement