Sabtu 03 Nov 2018 03:55 WIB

Kebiasaan yang Mempercepat Penuaan

Ada beberapa kebiasaan buruk yang mempercepat datangnya penuaan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Gita Amanda
Tanda-tanda penuaan kulit
Foto: blogspot.com
Tanda-tanda penuaan kulit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang pasti akan mengalami penuaan. Beberapa tanda penuaan seperti kulit keriput hingga noda hitam pada wajah perlaham akan muncul seiring pertambahan usia. Namun selain pertambahan usia, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang mempercepat datangnya tanda-tanda penuaan tersebut.

Dilansir Mens Health, jika tidak ingin hal itu terjadi pada Anda lebih awal, sebaiknya segera jauhi sejumlah kebiasaan buruk ini.

1. Tidak menggunakan tabir surya

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap muda dan sehat adalah rajin menggunakan tabir surya. Menurut direktur penelitian klinis dan kosmetik dari Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner, paparan sinar matahari menyebabkan radikal bebas yang dapat merusak kolagen, elastin  dan sel-sel kulit. Ini akan mengakibatkan penuaan dini pada kulit seperti munculnya noda hitam, keriput hingga berpotensi kankee kulit.

2. Sering begadang

Tidur cukup adalah salah satu cara untuk membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Menurut Zeichner, sel-sel pada kulit bekerja seperti siklus tidur yang membuat kita lelah di malam hari dan terjaga di pagi hari.

Pada malam hari, sel-sel ini bekerja memperbaiki kerusakan-kerusakan yang dialami selama seharian penuh seperti terkena paparan sinar matahari dan polusi. Mengurangi waktu tidur dengan begadang akan merusak keseluruhan proses perbaikan sel sehingga sel-sel akan lebih cepat rusak dan menua.

3. Banyak mengonsumsi gula

Makanam berguka dan bertepung seperti roti, es krim dsn keripik kentang dapat menyebabkan beberapa permasalahan pada kulit. Hal itu karena makanan tersebut menaikkan kadar gula darah yang bisa memicu inflamasi dan jerawat bermunculan. Jerawat yang terus bermunculan akan menyebabkan kulit mengalami bekas luka permanen karena rusaknya kolagen. Sama seperti noda hitam, bekas jerawat yang memerah atau menghitam ini akan membuat wajah tampak lebih tua.

4. Merokok

Tembakau pada rokok mengandung kimia yang dapat merusak kolagen dan elastin. Seperti diketahui, dua komponen ini adalah yang paling penting untuk membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Tidak hanya pada kulit wajah, rokok juga dapat membuat beberapa bagian tubuh mengendor seperti lengan dalam. Selain itu, merokok dapat menyebabkan beberapa permasalahan di area mulut seperti penyakit periodontal yang berujung pada kehilangan gigi, erosi gusi dan menimbulkan noda pada gigi.

5. Kurang minum air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairam bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kram otot dan pusing. Selain itu, kuramg minum air putih juga bisa membuat kulit wajah menjadi tampak lebih tua. Saat dehidrasi, tubuh akan menyerap air dari jaringan-jaringan untuk menjaga konsentrasi darah. Akibatnya, kulit akan mengendur, kering dan tidak elastis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement