Sabtu 03 Nov 2018 03:21 WIB

Ketahui Kondisi Kesehatan dari Warna Lidah

Jika warna lidah berbeda dari biasanya, bisa jadi sedang ada gangguan kesehatan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Gita Amanda
Warna lidah seorang pria
Foto: menshealth.com/gettyimages
Warna lidah seorang pria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi kesehatan seseorang bisa diamati dari warna lidahnya. Dilansir Women's Health, lidah yang sehat adalah yang berwarna merah muda terang. Jika Anda mendapati warna lidah yang berbeda, bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan kesehatan.

Lidah berwarna putih

Lapisan putih yang ada pada permukaan lidah disebut juga dengan Leukoplakia  lapisan ini bisa disebabkan karena asap rokok. Ini adalah pertanda lidah mengalami iritasi. Leukoplakia terbentuk secara berangsur-angsur, sehingga kehadirannya tidak begitu disadari oleh para perokok.

Lidah berwarna merah dengan totol putih

Lidah seperti ini biasanya disebut dengan lidah geografis karena bentuknya menyerupai gambar-gambar pulau yang ada dipeta. Meski terlihat agak aneh, ini termasuk warna lidah yang normal dan tidak berbahaya.

Lidah berwarna hitam dan seperti berbulu

Warna hitam pada lidah ini terbentuk karena adanya bakteri yang menumpuk. Kondisi lidah seperti ini paling sering ditemukan pada orang yang setiap hari selalu merokok. Perawatan untuk mengembalikan warna lidah seperti semula yaitu dengan rutin menggosok gigi tiga kali sehari, membersihkan dengan benang, dan berhenti merokok. Selain itu, lakukan juga pembersihan area gigi dan mulut ke dokter setiap tahun.

Lidah berwarna kuning

Lidah yang berwarna kuning menandakan seseorang ada masalah pada hati atau perutnya. Lidah kuning adalah gejala tahap awal dari penyakit yang lebih serius. Selain itu, penyebab umum dari lidah kuning adalah karena tidak terjaganya kebersihan gigi serta terlalu banyak dalam pemakaian obat tertentu.

Lidah berwarna coklat

Lidah berwarna coklat biasanya berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Misal kopi dan rokok dapat menyebabkan warna lidah menjadi gelap. Namun jika warna coklat berlangsung dalam waktu yang lama bisa jadi Anda mengalami permasalahan pada paru-paru karena rokok kronis.

Lidah berwarna ungu atau biru

Lidah berwarna ungu atau biru merupakan indikator dari gangguan jantung. Jika jantung tidak memompa darah dengan tepat atau rendahnya kadar oksigen dalam darah, lidah akan berubah warna menjadi ungu kebiruan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement