Jumat 02 Nov 2018 05:07 WIB

Tips Agar Nyaman Saat Liburan

Ada baiknya mempersiapkan perencanaannya dari sekarang.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah
Wanita liburan.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah anak bermain dipantai saat liburan di Ancol, Jakarta, Jumat (30/3).

Jaga barang berharga

Wisatawan biasanya sering menjadi target pencurian atau perampokan. Oleh karena itu, Anda harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Sebaiknya jangan letakkan barang-barang berharga seperti perhiasan, uang atau alat elektronik di tempat yang mudah terlihat.

Jaga suasana tetap bahagia

Biarkan anak-anak bergembira dan sibuk dengan liburannya. Orang tua bisa mempertimbangkan beberapa wahana agar anak-anak tetap aktif. Bila perlu, Anda bisa bergabung dengan agensi wisata agar liburan semakin terencana.

Pertimbangkan biaya alternatif

Berlibur tidak harus mahal dan menghambur-hamburkan uang. Anda bisa juga memilih beberapa alternarif yang tidak memakan biaya banyak. Misal, dibanding menginap di hotel yang mahal, Anda bisa memilih penginapan sejenis homestay atau hostel yang lebih murah.

Anda juga bisa menikmati ragam kuliner lokal serta berbelanja di pasar-pasar tradisional daripada makan malam di resto mahal. Dengan begini Anda lebih bisa menikmati budaya lokal dan bertemu dengan wisatawan lainnya. Tentu momen liburan akan menjadi lebih berkesan.

Tetap terkoneksi

Saat sedang berlibur Anda perlu tetap terkoneksi dengan internet. Bukan untuk urusan pekerjaan, tetapi untuk membantu perjalanan liburan Anda menjadi lebih mudah. Jika berlibur ke luar negeri, jangan lupa untuk membeli kartu SIM lokal agar bisa tetap terkoneksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement