Kamis 01 Nov 2018 05:34 WIB

Butuh Menstabilkan Gula Darah? Coba Makanan Ini

Konsumsi tiga porsi sayuran tertentu tiap hari bantu jaga kadar gul darah.

Rep: Zahrotul Oktaviany/ Red: Indira Rezkisari
Wortel
Foto: pixabay
Wortel

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet memiliki peran penting dalam mengelola penyakit diabetes. Memahami bagaimana makanan tertentu bisa memengaruhi kadar insulin dan kadar gula seseorang, membuat kita bisa memilih jenis makanan yang ingin dikonsumsi.

Dilansir di Medical News Today, berikut beberapa makanan yang dapat membantu dalam menghindari penyakit diabetes.

Sayuran non-tepung

Sayuran jenis ini merupakan bahan pangan tambahan yang cocok untuk semua jenis diet, apalagi untuk penderita diabetes. Tim The American Diabetes Asociation bahkan menganjurkan makan makanan ini minimal 3-5 porsi setiap hari.

Beberapa contoh sayuran jenis ini adalah wortel, tauge, jagung muda, mentimun, labu, kubis, sayuran hijau seperti bayam dan selada.

Makanan gandum utuh

Biji-bijian utuh menawarkan alternatif yang lebih menyehatkan dibandingkan biji-bijian olahan. Perbedaannya terlihat dari vitamin dan mineral yang dikandung.

Beberapa jenis makanan yang masuk kategori ini adalah roti, popcorn, nasi merah, sereal, oatmeal, dan sereal gandum. Produk-produk ini bisa dijadikan bahan tambahan olahan makanan untuk membantu mengontrol gula darah.

Lemak sehat

Lemah sehat bisa termasuk dalam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda dan omega-3. Dengan memakan lebih banyak lemak sehat dapat membantu meringankan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, dan membersihkan gula darah.

Beberapa contoh lemak tak jenuh, alpukat, minyak zaitun, kacang dan biji-bijian, minyak canola.

Sebuah penelitian bahkan menyebut alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan. Bisa meningkatkan kedehatan kardiovaskular, meningkatkan manajemen berat badan, dan menuju penuaan yang sehat.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, cenderung memiliki banyak protein dan asam lemak omega-3. Protein tidak akan memperburuk gula darah. Bahan makanan ini bisa dikonsumsi setidaknya satu hari dalam seminggu.

Cokelat

Kakao adalah bahan biji-bijian yang mirip kacang. Kakao mengandung epikatekin flavonoid, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Tahun 2017 ditemukan hasil penelitian, kakao bisa memperlambat perkembangan diabetes tipe-2 dan mengurangi resistensi insulin.

Makanan berprotein tinggi

Protein adalah nutrisi penting dalam daging, ikan, dan beberapa sayuran. Protein diketahui tidak meningkatkan kadar gula darah bahkan bisa membantu seseorang kenyang lebih lama.

Sementara, beberapa bahan asupan yang harus dihindari adalah minuman manis dan bersoda, nasi putih, sereal ditambah gula, kentang goreng, serta kopi dengan gula dan perasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement