Rabu 31 Oct 2018 08:16 WIB

Mono Tembus Posisi Tertinggi Solois Kpop di Billboard

Album Mono memuncaki daftar album Itunes di 88 wilayah.

Kelompok musik Korea BTS, dengan RM berdiri di podium.
Foto: EPA
Kelompok musik Korea BTS, dengan RM berdiri di podium.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mono, proyek solo RM leader Bangtan Sonyeondan (BTS) memulai debutnya di tangga album Billboard 200 pada posisi ke-26. Posisi tersebut merupakan posisi tertinggi untuk solois K-pop.

Capaian ini mengejutkan untuk karya musisi tanpa album fisik, menurut Kantor Berita Yonhap, dikutip Rabu (31/10). Rekor sebelumnya dipegang personel BTS lainnya, J-Hope melalui mixtape Hope World, yang menduduki posisi ke-38 pada bulan Maret lalu.

Album Mono yang tersedia secara gratis itu memuncaki daftar album Itunes dari 88 wilayah. Termasuk Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, Rusia, Jepang dan Vietnam, setelah peluncurannya.

Ini adalah mixtape kedua RM setelah Rap Monster yang dia hadirkan pada Maret 2015. Menurut Nielsen Music, album terbaru RM ini terjual 21 ribu unit.

Ada tujuh lagu dalam koleksi kali ini, antara lain Tokyo, Seoul yang disusun dan diproduksi bersama musisi asal asal Inggris, Honne. Lagu lainnya, Moonchild, Badbye yang menampilkan artis Korea eAeon, Uhgood dan Alloes, bersama band indie rock Korea, Nell.

Lagu terakhir, Forever Rain (lagu utama), yang paling mencerminkan RM sebagai leader BTS sekaligus pemuda biasa. Lagu ini bernuansa sedih dan melankolis.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement