Selasa 30 Oct 2018 15:28 WIB

Makanan Ini Ternyata Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Pekerja senang bila diberi penghargaan dari tempat kerjanya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Seloyang piza.
Foto: AP
Seloyang piza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayangkan jika Anda harus melalui rutinitas Senin pagi dan telah memaksa diri untuk bekerja. Daftar tugas tampaknya tidak pernah berakhir dan tingkat motivasi bekerja cukup rendah.

Kemudian atasan mencari cara untuk memotivasi Anda untuk bekerja dan menawarkan untuk memilih piza gratis, bonus uang tunai atau pujian dari senior. Apa yang akan membantu meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja dari pilihan tersebut?

Baca Juga

Dan Ariely, seorang profesor psikologi dan ekonomi perilaku di Duke University melakukan survei pada empat kelompok pekerja pabrik semikonduktor. Setiap kelompok ditawarkan opsi yang disebutkan di atas (uang, piza gratis dan pujian langka) pada awal pekan kerja mereka dan yang keempat tidak ditawarkan insentif apa pun.

Dilansir dari laman Times of India Selasa (30/10), Setelah menganalisis dengan seksama kinerja dari hari pertama, penelitian menyimpulkan bahwa piza adalah motivator utama. Piza gratis bahkan meningkatkan produktivitas pekerja sebesar 6,7 persen. Dipuji oleh senior mengantongi tempat kedua dan meningkatkan produktivitas sebesar 6,6 persen.

Anehnya, insentif uang tunai 30 dolar meningkatkan produktivitas hanya 4,9 persen dan para pekerja berubah 13,2 persen kurang produktif dalam dua hari ke depan. Plus, produktivitas grup ini turun 6,5 persen setelah sepekan. Bukankah ini indikasi bahwa karyawan lebih menyukai penghargaan terhadap pekerjaan mereka dan makanan gratis dari uang?

Namun, ketika peneliti menganalisis data selama sepekan, ternyata dipuji sedikit lebih memotivasi daripada piza gratis. Kelompok yang mendapat insentif uang tunai adalah yang paling tidak produktif.

Penelitian ini adalah bagian dari buku Ariely ‘Payoff: The Hidden Logic That Shapes Our Motivations’. Penulis berpendapat bahwa piza akan bernasib lebih baik jika dikirimkan ke rumah karyawan sebagai hadiah. "Dengan cara ini, kita tidak hanya memberi mereka hadiah, tetapi kita juga akan menjadikan mereka pahlawan di mata keluarga mereka," tulisnya dalam bukunya.

Studi ini dengan jelas menunjukkan bahwa orang tidak hanya mencari keuntungan finansial dari pekerjaan mereka dan dapat melakukan dengan sangat baik jika mereka merasa dihargai. Atau diperlakukan dengan makanan gratis, terutama piza dengan pilihan isi kesukaan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement