Selasa 30 Oct 2018 14:56 WIB

Bahaya Menggunakan Minyak Goreng Kembali

Minyak bekas pakai bisa menyebabkan sakit jantung, alzheimer dan parkinson

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Minyak goreng/ilustrasi
Foto:
Deep Fried, menggoreng dengan banyak minyak (Ilustrasi)

Lalu bagaimana jika ingin menggunakan minyak kembali cukup perhatikan ini

1. Minyak sisa dari masakan harus didinginkan dan kemudian dipindahkan ke wadah kedap udara melalui saringan. Melakukan hal itu akan menghilangkan partikel makanan yang dapat merusak minyak lebih cepat dari yang diperkirakan.

2. Setiap kali menggunakan kembali minyak, periksa warna dan ketebalannya. Jika minyak telah menjadi berwarna gelap, lebih berminyak dan tebal dari biasanya, saatnya membuangnya.

3. Jika minyak menjadi berasap saat dipanaskan, jauh sebelum biasanya, itu harus dibuang. Minyak ini mungkin telah mengakumulasi HNE, yang merupakan zat beracun dan dapat menyebabkan banyak penyakit.

Selain itu semua minyak berbeda. Beberapa dari mereka memiliki titik asap yang tinggi yang membuat mereka cocok untuk digoreng. Minyak-minyak ini tidak rusak pada suhu tinggi. Contoh minyak tersebut adalah minyak bunga matahari, minyak kedelai, dedak padi, kacang tanah, wijen, mustard dan minyak canola.

Minyak yang tidak memiliki titik asap tinggi seperti minyak zaitun tidak boleh digunakan untuk menggoreng. Minyak ini hanya dapat digunakan untuk menumis dan bukan untuk memasak yang melibatkan suhu tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement