Selasa 30 Oct 2018 14:20 WIB

Mengurangi Garam Berlebih di Makanan Kalengan

Bilas isi makanan kaleng dengan air bersih untuk mengurangi kadar garam.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Makanan kalengan dikenal kaya kandungan garam.
Foto: Flickr
Makanan kalengan dikenal kaya kandungan garam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang ada orang yang merasa perlu mengurangi konsumsi garam. Namun pada kenyataan sebagian besar dari mereka malah mendapatkan banyak natrium dari makanan cepat saji.

Takaran konsumsi garam yang benar adalah 23.00 mg atau sekitar satu sendok teh. Cara mudah untuk meminimalkan konsumsi natrium adalah menghindari roti, piza, sandwich, hingga daging prosesan.

Baca Juga

Makanan lain yang terkenal memiliki natrium tinggi adalah makanan kalengan. Satu cangkir sup kalengan dapat memiliki separuh natrium yang Anda butuhkan per hari.

Selain itu, sayuran, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan yang dijual kalengan juga dapat memiliki jumlah sodium yang luar biasa tinggi. Ahli diet di Newton-Wellesley Hospital Diana Orenstein, RD menyarankan mencari makanan kaleng yang rendah sodium atau bebas sodium pada labelnya.

“Jika Anda mencoba menghindari natrium, menghilangkan semua makanan kaleng dalam keranjang belanja bukanlah jawabannya. Ini akan menyebabkan kehilangan semua jenis makanan penting,” kata Orenstein, seperti yang dikutip dari The Kitchn, Selasa (30/10).

Selain itu, ia mengatakan jika seseorang membeli makanan kaleng yang memiliki kadar natrium yang tinggi, tidak perlu membuangnya. Namun tiriskan kaleng, lalu bilas makanan untuk mengurangi natrium. Trik yang sama bisa dilakukan untuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan kalengan.

“Ada perkiraan teknik ini dapat menghasilkan pengurangan konten natrium sekitar 20 hingga 80 persen,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement