Ahad 28 Oct 2018 18:46 WIB

Belum Pernah Kerja? Ini Tips Jitu Agar CV Dilirik Perusahaan

Perusahaan khususnya HRD akan melihat rekam jejak pelamar.

Wawancara kerja memerlukan keseriusan dan rasa hormat dari yang diwawancarai kepada pihak pemilik pekerjaan.
Foto: flickr
Wawancara kerja memerlukan keseriusan dan rasa hormat dari yang diwawancarai kepada pihak pemilik pekerjaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Curiculum Vitae (CV) memang menjadi amunisi penting untuk melamar pekerjaan. Perusahaan, khususnya HRD akan melihat rekam jejak Anda sebelum mereka mau mempekerjakan di perusahaan mereka.

Oleh sebab itu, orang-orang berlomba-lomba mempercantik CV dengan segudang pengalaman yang pernah mereka jalani untuk menarik perhatian HRD. Tujuannya tak lain dan tak bukan agar bisa mengalahkan kandidat lainnya serta masuk ke dalam  perusahaan.

Lalu, bagaimana jika Anda belum pernah bekerja sebelumnya karena baru lulus kuliah? Jangan takut! Ternyata ada cara jitu agar CV tetap dilirik HRD walaupun belum pernah bekerja. Mau tau caranya?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tips jitu agar CV Anda dilirik perusahaan dan dapat bekerja di kantor yang diinginkan.

1. Tulis pengalaman organisasi

Jika dunia Anda selama ini hanya sebatas perkuliahan, tulislah pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Mulai dari organisasi di kampus hingga di luar kampus. Tuliskan juga jabatan di sebuah organisasi tersebut.

Taukah Anda? Banyak ikut organisasi menjadi nilai tambah tersendiri di hadapan HRD. Mereka menganggap orang yang banyak mengikuti organisasi sudah biasa berkomunikasi dengan orang lain dan mereka cenderung lebih bisa dan terbiasa bekerja sama.

2. Tulis Pengalaman Kepanitian

Selain menuliskan pengalaman organisasi, tuliskan juga pengalaman kepanitian suatu acara yang pernah diikuti. Beruntung jika pernah menjadi panitia di acara-acara besar, misalnya Asian Games. Tuliskan juga jabatan dan posisi Anda di kepanitian tersebut.

Tujuannya tetap sama, untuk memperkaya CV. Hal tersebut juga merupakan nilai tambah dari HRD untuk diri Anda yang belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali.

3. Minta Rekomendasi Teman

Beruntung jika memiliki teman yang sudah lebih dahulu bekerja di perusahaan impian. Anda bisa minta bantuan mereka untuk merekomendasikan masuk ke perusahaan tersebut. Dengan begitu nilai Anda akan bertambah di mata HRD, walaupun belum ada pengalaman bekerja.

Selain itu, Anda juga bisa meminta rekomendasi berupa surat dari dosen, guru, atau kolega di perusahaan lain. Tapi ingat, orang yang merekomendasikan haruslah yang memegang jabatan penting. Mintalah mereka menuliskan tentang Anda di sebuah kertas dengan format tulisan profesional.

4. Memiliki Kepribadian Menarik

Jika belum memiliki pengalaman apapun, tapi kepribadian Anda menarik, ini juga bisa jadi nilai tambah. Saat interview, cobalah untuk menonjolkan kepribadian menarik yang dimiliki, misalnya sikap kepemimpinan, toleransi, disiplin, dan sifat-sifat positif lainnya.

Jika Anda memang memiliki karakter yang seperti itu, tentunya HRD bisa dengan cepat

mengenalinya. Tapi ingat, jangan menonjolkan sifat baik yang dibuat-buat karena HRD bisa mengetahui seorang kandidat sedang berbohong atau tidak dengan mudah.

5. Menjaga Citra Diri

Menjaga citra diri atau bahasa kekiniannya ‘jaim’ (jaga image) sangat penting di dunia kerja. Citrakan diri seprofesional mungkin di dalam CV. Misalnya, pasang foto yang mencitrakan Anda siap bekerja, seperti pas foto memakai jas atau kemeja.

Hindari menuliskan hal-hal buruk dalam CV, itu akan mengurangi poin di mata HRD. Hal yang sama juga berlaku untuk LinkedIn dan jejaring sosial lainnya. Hal ini juga harus seiring dengan sikap profesional yang ditampilkan saat wawancara. Jangan sampai di CV terlihat profesional, nyatanya tidak.

6. Hindari Mengunggah Hal Negatif di Media Sosial

Saat melamar pekerjaan, terkadang orang yang menyeleksi CV Anda akan mencari informasi lebih lanjut di media sosial. Untuk itu, jika ingin melamar pekerjaan, pastikan media sosial Anda bersih dari hal-hal negatif.

Misalnya, hapus foto Anda yang sedang clubbing, jika ada. Itu akan memperburuk citra diri. Hasilnya, HRD langsung membuang CV ke tong sampah. Di zaman sekarang ini, media sosial sangat berpengaruh.

Komitmen menjaga pribadi baik dan profesional

Sekarang sudah tidak minder, bukan? Walaupun belum punya pengalaman kerja apapun, jangan takut untuk melamar sebuah pekerjaan. Hal-hal di atas bisa membatu Anda mempercantik CV agar dilirik oleh HRD.

Sebarlah CV ke banyak perusahaan yang diingikan dan jangan pernah menyerah. Teruslah berkomitmen menjaga pribadi yang baik dan profesional untuk karier cemerlang Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement