Kamis 25 Oct 2018 14:00 WIB

7 Tanda Tiroid Anda tak Berfungsi dengan Baik

Kelelahan dan berkeringat sepanjang hari bisa menjadi tanda tiroid tak berfungsi

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemeriksaan kalenjar tiroid (ilustrasi)
Foto: milliyet.com.tr
Pemeriksaan kalenjar tiroid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Disfungsi tiroid adalah penyakit berbahaya yang mempengaruhi fungsi tubuh namun banyak orang tidak menyadarinya. Masalah mulai menggumpal ketika benjolan terbentuk di dasar kelenjar tiroid yang mempengaruhi produksi normal hormon penting.

Kesulitan dalam mempertahankan berat badan, penipisan rambut dan tekanan darah tidak teratur adalah tanda-tanda yang paling menonjol dari tiroid. Tetapi ada beberapa tanda yang kurang dikenal, kebanyakan diabaikan yang dapat menunjukkan masalah pada tahap awal seperti yang dilansir melalui Times Of india.

1. Kelelahan

Apakah Anda merasa lelah dan kehabisan tenaga setiap hari? Anda mungkin hanya mengabaikan ini tetapi mungkin ada kaitannya dengan tiroid. Tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme dapat membatasi produksi hormon dan mengarah ke tingkat energi yang rendah, yang dapat menyebabkan kelelahan bahkan setelah mendapatkan jam tidur yang tepat atau tidak melakukan apa pun sepanjang hari.

2. Depresi

Ketika tiroid menjadi meradang, produksi hormon juga meningkat dan fluktuasi hormon ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang merupakan salah satu tanda pertama depresi. Bergantung pada kondisi orang tersebut, produksi hormon bahkan dapat memicu kecemasan pada beberapa orang dan mengganggu kesehatan mental Anda.

3. Sembelit

Menghadapi iritasi usus atau konstipasi sesekali disebut normal. Namun, ketika masalah terjadi secara teratur, ada kemungkinan bahwa tiroid harus disalahkan. Ketika tiroid tidak berfungsi dengan baik, mempengaruhi salah satu fungsi utamanya mempertahankan metabolisme. Ketika produksi hormon rendah, sembelit dipicu. Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk memeriksa tiroid Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement