Senin 22 Oct 2018 20:10 WIB

Wonder Woman Dongkrak Kepercayaan Diri Anak Perempuan

Wonder woman dinilai representasi perempuan yang memperjuangkan masa depan

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Chris Pine (kiri) dan Gal Gadot dalam film Wonder Woman.
Foto: dok Warner Bros via AP
Chris Pine (kiri) dan Gal Gadot dalam film Wonder Woman.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tokoh fiksi dalam sebuah film acapkali menjadi inspirasi bagi para penontonnya. Hal tersebut salah satunya terjadi pada tokoh Wonder Woman dan Princess Leia. 

Studi terbaru yang dilakukan BBC America bersama Women's Media Center menemukan dua tokoh tersebut bisa menginspirasi anak-anak dan remaja perempuan. Anak-anak dan remaja perempuan merasa lebih percaya diri dan berdaya ketika menyaksikan aktris seperti Gal Gadot berperan sebagai Wonder Woman. 

Dilansir dari Indian Express, hasil penelitian tersebut menunjukkan tokoh pahlawan wanita di film memengaruhi cara pandang perempuan-perempuan muda. Studi bertajuk 'SuperPowering Girls: Female Representation in the Sci-Fi/Superhero Genre' menjaring 2.431 anak. Para responden berusia antara lima hingga 19 tahun. 

Penampilan superhero yang bersemangat seperti Wonder Woman dinilai memperlihatkan sosok wanita yang berani mendobrak keterbatasan. Tokoh seperti Wonder Woman menjadi representasi perempuan yang berani memperjuangkan masa depan.

"Inilah waktunya menganalisis apa yang dilihat. Kami berharap laporan ini bisa berkontribusi pada perubahan alur cerita dalam sebuah film. Jika anda tidak bisa melihatnya maka anda tak bisa menjadi dia," kata Presiden BBC Amerika Sarah Barnett. 

"Dengan keterwakilan perempuan yang semakin besar di ranah pahlawan super dan sains fiksi, kami bisa membantu generasi selanjutnya menjadi perempuan yang lebih kuat," imbuhnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement