Kamis 18 Oct 2018 15:29 WIB

Inspirasi Hidangan Akhir Tahun

Sup labu yang disajikan dalam labu tak hanya lezat juga menarik dilihat.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Sup labu ala Hotel Shangri-La Jakarta.
Foto: MGROL 106
Sup labu ala Hotel Shangri-La Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut akhir tahun, biasanya yang dipersiapkan oleh sebagian masyarakat sebatas mendekorasi rumah agar terlihat ramai. Bagi mereka yang ingin penghujung tahunnya lebih meriah bisa juga dengan merancang hidangan istimewa.

Sebagai sedikit inspirasi mengenai hidangan akhir tahun, Anda dapat mencoba beberapa hidangan dari menu baru khusus akhir tahun dari Hotel Shangri-La Jakarta.

Udang Rebus

Meski sederhana, tetapi udang rebus sangat nikmat untuk dimakan ketika menyambut akhir tahun. Dengan padu padan beberapa bahan makanan seperti krim jeruk mascarpone, sepotong kacang kenari, dan juga telur ikan, hidangan udang rebus ini terlihat sangat berwarna dan lezat.

Dalam satu porsi, Anda akan dihidangkan tiga potong udang rebus yang masing-masing dibelah menjadi dua. Masing-masing dari ketiga potong udang rebus tersebut akan dihiasi dengan krim orange mascarpone dan telur ikan yang lezat. Ketika Anda mencampurkan udang, krim jeruk mascarpone, dan telur ikan, maka Anda akan merasakan rasa manis dan segar. Daging udang rebus yang kenyal tidak akan membuat Anda kesulitan untuk menggigitnya. Ketika menyantap hidangan ini, Anda akan merasa seperti sedang makan siang di pinggir pantai.

photo
MGROL 106

Sup Labu

Tampilan sup ini sangatlah menarik. Anda tidak akan dihidangkan sebuah sup yang berada di dalam mangkuk. Melainkan Anda akan disajikan sebuah labu besar yang terletak di tengah piring. Ketika dihidangkan, labu akan terlihat seperti mengeluarkan asap karena adanya es kering yang menguap. Saat hidangan tiba, Anda mungkin akan heran di mana letak sup labu tersebut. Namun jangan salah, ternyata labu ini diukir sedemikian rupa sehingga dapat menggantikan mangkuk untuk sup.

Ketika membuka bagian atas labu tersebut, sup labu dalam keadaan hangat tersaji. Selain itu, sup dengan tekstur krim yang lembut ini memiliki sedikit rasa manis percampuran labu dan kayu manis. Kemudian, Anda juga dapat mencicipi beberapa potong parmesan gnocchi yang dicampur dengan biji bunga matahari. Begitu empuk parmesan gnocchi bercampur dengan kerenyahan biji bunga tersebut.

Sup labu memang terdengar sangat aneh, dan mungkin sangat asing bagi beberapa orang. Akan tetapi, perayaan akhir tahun akan terasa kurang lengkap apabila tidak menyantap sup labu sembari menonton tayangan spesial perayaan akhir tahun.

Kalkun Panggang

Dalam hidangan kalkun panggang, Anda akan diberi satu piring penuh dengan beberapa macam makanan. Meski namanya kalkun panggang, tetapi juga dapat mencicipi beberapa potong kentang bakar yang nikmat, buah labu panggang, kubis merah, dan kubis brussel. Kalkun yang dihidangkan bukanlah kalkun utuh melainkan beberapa potong daging kalkun.

Meski daging kalkun terlihat sangat matang, tetapi ketika Anda memotongnya, daging tersebut tidak terlalu keras. Sehingga ketika menggigitnya, tidak perlu takut akan daging yang akan menyangkut di sela-sela gigi. Daging yang cukup kenyal ini dapat Anda santap bersamaan dengan saus agar cranberi.

Saus tersebut akan membuat daging kalkun Anda menjadi manis dengan khas tersendiri. Menyantap satu porsi kalkun panggang ini mungkin dapat membuat Anda merasa kenyang satu hari penuh. Hal tersebut dikarenakan banyaknya asupan protein dan nutrisi yang terkandung dalam satu piring.

photo
MGROL 106

Soufflé Cokelat

Kurang rasanya apabila tidak menyantap makanan manis sebagai hidangan penutup. Soufflé cokelat yang dihidangkan merupakan santapan yang tepat setelah menikmati kalkun panggang. Dilengkapi dengan es krim vanila dan saus jeruk, Anda dapat memilih beragam cara untuk menyantapnya.

Pertama, Anda dapat membuang lubang di tengah soufflé tersebut. Kemudian, tuangkan saus jeruk agar soufflé memiliki rasa unik. Kemudian, Anda juga dapat menambahkan es krim seusai menuangkan saus tersebut. Meski soufflé ini memiliki tekstur seperti bolu panggang, tetapi ketika Anda mengunyahnya, Anda akan merasakan seperti sedang memakan cokelat yang meleleh. Membayangkannya saja sudah dapat menggugah selera.

Meski diberi nama hidangan penutup, tetapi soufflé cokelat ini terasa seperti salah satu hidangan utama. Dilihat dari ukurannya yang sedikit besar, Anda dapat dipastikan akan benar-benar merasa kenyang.

Baked Bombe Alaska

Salah satu hidangan paling unik dalam menu akhir tahun yang dapat disajikan yakni baked bombe Alaska. Hidangan ini terdiri dari dua varian rasa es krim yang dibalut dengan bolu spons. Dibaluri dengan saus stroberi, Anda akan merasakan kesegaran dari hidangan penutup yang satu ini. Yang membuat santapan ini unik adalah penyajiannya.

Sebelum disajikan, kue baked bombe Alaska akan dibakar terlebih dahulu sehingga muncul api berwarna biru tepat di atas kue tersebut. Meski begitu, kue tidak hangus dan es krim tidak meleleh.

photo
MGROL 106

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement