Kamis 18 Oct 2018 14:00 WIB

Waspada Kandungan Beracun Cat Kuku

Bahan kimia berbahaya di cat kuku sebabkan masalah reproduksi hingga kanker.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Wanita sedang melihat beragam warna cat kuku.
Foto: AP
Wanita sedang melihat beragam warna cat kuku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan perawatan kuku dan jari kaki sering dianggap sebagai salah satu kesenangan hidup yang sederhana. Usai dibersihkan biasanya banyak suka menggunakan cat kuku.

Sejauh ini cat kuku tidak diketahui memiliki efek kesehatan yang buruk. Tapi waspadalah karena beberapa cat kuku mengandung senyawa yang telah dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti cacat lahir, disfungsi tiroid, obesitas, kanker, dan reaksi alergi.

Baca Juga

Seperti dilansir dari laman Health, Kamis (18/10), banyak produk yang memuji fakta bahwa mereka bebas dari beberapa senyawa berbahaya. Tapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa label tersebut dapat menyesatkan dan bahwa bahan kimia yang dikandungnya mungkin tidak lebih aman.

Studi yang dipublikasikan di Environmental Science and Technology, meneliti praktik umum produsen cat kuku yang melabel produk mereka bebas dari tiga racun. Itu berarti produk cat kuku tidak mengandung dibutil ftalat (DnBP), toluena, dan formaldehida.

Praktik ini dimulai lebih dari satu dekade yang lalu, setelah bahan-bahan ini sangat terkait dengan masalah reproduksi, masalah neurologis dan perkembangan, dan kanker. Sejak itu banyak merk cat kuku menyebut produknya bebas hingga lima zat beracun.

Yang berarti bahwa selain trio beracun yang disebutkan di atas, formula mereka juga bebas dari alergen kapur barus dan resin formaldehida. Yang lain mengklaim bahwa cat kuku mereka bebas enam, tujuh, delapan bahkan 13 zat racun. Dan di situlah hal-hal mulai membingungkan, kata penulis pertama studi tersebut, Anna Young, seorang mahasiswa doktoral di Harvard TH Chan School of Public Health.

Karena meskipun seseorang mungkin berpikir bahwa angka yang lebih tinggi berarti produk yang lebih sehat, katanya itu tidak selalu benar. Untuk penelitian ini, Young dan rekan-rekannya mengamati 55 cat kuku dari 44 merek populer yang dijual di toko-toko dan salon kuku.

Mereka membandingkan label dan daftar bahan dari produk ini, memeriksa untuk melihat bagaimana masing-masing mendefinisikan klaimnya sebagai bebas dari bahan beracun. Sebagian besar produk berlabel bebas tiga zat racun dan bebas lima zat racun konsisten dalam apa yang dikecualikan.

Tapi ketika angka itu naik, definisi dari apa yang dimaksud angka itu menjadi tidak konsisten. Dari 10 produk berlabel bebas satu zat racun misalnya, ada enam variasi yang berbeda untuk apa yang disebut 10 senyawa beracun itu. Dan karena tidak ada standardisasi di seluruh produk, tidak ada cara untuk mengetahui apakah bahan tertentu (seperti timah atau aseton atau parabens misalnya) termasuk dalam daftar pengecualian produk.

Untuk memperumit masalah lebih lanjut, beberapa daftar pengecualian merek termasuk hal-hal seperti gluten, gandum, lemak, dan bahan-bahan yang berasal dari hewan, yang tidak menimbulkan ancaman kesehatan bagi sebagian besar konsumen. Dengan kata lain, kata Young, lebih banyak pengecualian tidak berarti produk lebih aman atau lebih sehat.

Beberapa cat kuku menggunakan bahan dari senyawa serupa yang berbahaya namun belum dipelajari. Para ilmuwan khawatir dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa baru ini mungkin tidak lebih baik bagi konsumen daripada pendahulu mereka.

"Ini adalah praktik yang dikenal sebagai substitusi yang disesalkan, dan itu tidak terjadi begitu saja di industri cat kuku," kata Young.

Berita baiknya adalah saat ini, sebagian besar merek telah menghentikan DnBP dan mengurangi jumlah plasticizer yang sama (dan pengganggu endokrin) yang disebut trifenil fosfat (TPHP). Namun para penulis studi baru ini berpendapat bahwa merk harus melakukan lebih banyak untuk mengecualikan seluruh kelas bahan-bahan seperti ftalat atau organofosfat secara keseluruhan. Bukan senyawa individual, satu demi satu.

"Kemudian, label bersertifikat bisa menjadi alat yang berguna untuk mendidik pengguna cat kuku, pemilik salon kuku, dan pekerja salon kuku tentang bahan kimia beracun dan bagaimana membuat keputusan pembelian terbaik," tulis mereka.

Sementara itu, kata Young, pembeli dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dengan membaca label bahan lengkap, alih-alih tipuan pemasaran di bagian depan paket. Konsumen juga harus tahu bahwa hanya karena satu bahan beracun telah dihilangkan, itu tidak berarti tidak ada risiko yang terkait dengan orang lain.

"Memakai cat kuku adalah pilihan pribadi, dan penelitian ini tidak benar-benar tentang apa yang dilakukan orang lain," kata Young. "Apa yang menjadi sorotan adalah bahwa ini adalah masalah kesehatan masyarakat yang tidak hanya mempengaruhi konsumen, tetapi juga ratusan ribu pekerja kuku yang terkena bahan kimia ini setiap hari."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement