Rabu 10 Oct 2018 16:53 WIB

Tenis dan Badminton Buat Anda Panjang Umur, Ini Rahasianya

Tenis dinilai olahraga yang paling membuat panjang umur karena ada interaksi sosial

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Melaju Ke Final. Petenis Ganda Campuran Indonesia Christopher Rungkat melakukan servis saat bertanding dengan pasangan  Jepang pada cabang tenis nomor ganda campuran di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat (24/8).
Foto: Republika/ Wihdan
Melaju Ke Final. Petenis Ganda Campuran Indonesia Christopher Rungkat melakukan servis saat bertanding dengan pasangan Jepang pada cabang tenis nomor ganda campuran di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat (24/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita sering kali berolahraga untuk alasan yang berbeda. Beberapa dari kita ingin mendapatkan bentuk tubuh yang bagus atau membangun otot, sementara yang lain berolahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tulang yang kuat, atau menghilangkan stres.

Bagi sebagian dari kita salah satu motivasi utama untuk pergi ke gym atau bergabung dengan tim olahraga intramural adalah untuk meningkatkan peluang kita untuk hidup panjang. Ternyata bentuk-bentuk olahraga tertentu berpotensi untuk memberikan anda umur yang panjang.

Penelitian baru seperti yang dilansir melalui Mindbodygreen, yang Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa bermain olahraga sosial seperti tenis memiliki potensi untuk menambah usia dalam hidup Anda. Studi epidemiologi ini menganalisis data yang dikumpulkan selama setidaknya 25 tahun  pada aktivitas fisik lebih dari 8.500 pria dan wanita Denmark. 

Mereka kemudian merujuksilangkan bahwa data dengan registri kematian nasional untuk mendapatkan wawasan tentang kegiatan apa yang dapat dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih lama. Mungkin tidak mengherankan bagi Anda bahwa pria dan wanita yang berolahraga paling sedikit lebih mungkin meninggal lebih cepat. 

Menurut penelitian ini ada beberapa olahraga yang dapat memperpanjang umur seperti berlari memperpanjang umur hingga 3,2 tahun dan bersepeda 3,7 tahun. Selanjutnya sepak bola lima tahun, badminton hingga 6,2 tahun dan di nomor satu adalah tenis 9,7 tahun

Tenis merajai beberapa olahraga tersebut untuk memperpanjang umur. Menurut New York Times, peneliti menduga bahwa komponen sosial olahraga seperti tenis dan badminton memainkan peran penting dalam kemampuan mereka untuk melindungi kesehatan dalam jangka panjang. 

Pada dasarnya olahraga mengurangi stres dan ikatan dengan orang lain juga mengurangi stres, yang berarti Anda mendapatkan kesepakatan dua untuk satu ketika Anda terlibat dalam aktivitas fisik yang juga menumbuhkan komunitas. Win-win solution, bukan? Jadi anda bisa mendapatkan teman dan bisa memperpanjang umur anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement