Rabu 26 Sep 2018 16:17 WIB

Minum Alkohol Picu Bau Badan tak Sedap

Ahli menyebut tubuh memperlakukan alkohol seperti racun

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bau badan pria (Ilustrasi)
Foto: Health
Bau badan pria (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum minuman beralkohol sudah terbukti memicu berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya itu, minuman keras ternyata juga dapat mengubah bau badan dan aroma keringat menjadi tidak sedap.

"Tubuh memperlakukan alkohol seperti racun, tetapi liver pada sistem metabolisme normal hanya dapat memproses sekitar 12 ons bir per jam," kata psikolog klinis dan ahli penyalahgunaan zat, John Mayer. 

Baca Juga

Dia menjelaskan, minum alkohol menyebabkan pembuluh darah di dekat kulit membesar. Hal itu membuat kulit memerah atau panas dan akibatnya mengakibatkan tubuh berkeringat.

Berolahraga di pagi hari setelah minum alkohol pada malam sebelumnya juga memperparah aromanya. Disampaikan pakar diet Jim White, tubuh menghilangkan sisa alkohol melalui proses yang disebut oksidasi.

Tubuh memecah racun menjadi bagian yang lebih kecil yang disebut asam diakonia, karbon dioksida, dan air. Dengan begitu, sisa metabolisme dikeluarkan tubuh melalui urine atau keringat.

Alasan mengapa keringat dan urine begitu bau adalah karena asam diakonia memiliki aroma menyerupai cuka. Semakin tinggi kandungan alkohol dalam minuman, tubuh semakin banyak melakukan oksidasi.

Sebagai pencegahan, pilihan terbaik adalah dengan tidak minum alkohol. Opsi lain, jaga tubuh terhidrasi dengan banyak minum air putih. "Air membantu tubuh mengeluarkan alkohol lebih cepat, membuat keringat tidak terlalu berbau cuka," kata White, dilansir dari laman Well and Good.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement