Rabu 19 Sep 2018 19:27 WIB

Laura Basuki Ingin Total Perankan Sosok Susy Susanti

Laura berlatih selama empat bulan menguasai teknik-teknik badminton

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Konferensi pers film Susy Susanti: Love All di Gedung Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/9).
Foto: Republika/Shelbi Asriyanti
Konferensi pers film Susy Susanti: Love All di Gedung Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Laura Basuki sudah cukup lama mengincar peran sebagai sosok pebulu tangkis Susy Susanti. Keinginan itu terwujud saat dirinya terpilih menjadi pemeran utama film Susy Susanti: Love All.

"Sudah cukup lama dengar akan ada film Susy Susanti, selalu berharap mudah-mudahan dipanggil casting, ternyata dapat peran ini," kata Laura pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (19/9).

Perempuan 30 tahun itu justru mulai deg-degan setelah peran sudah di tangan. Selain bangga, bahagia, dan bersyukur, Laura merasa memiliki kewajiban untuk memerankan sosok Susy dengan total dan semaksimal mungkin.

Ada beban yang dia rasakan karena tidak gampang memerankan atlet badminton legendaris Indonesia. Selama empat bulan, dia melakukan latihan fisik intensif agar bisa menguasai teknik-teknik badminton.

Tidak hanya soal teknis, Laura juga berbincang dengan Susy untuk lebih mengenal diri sang atlet. Dia bertanya banyak hal dengan mendetail, seperti apa yang dirasakan Susy sebelum dan saat pertandingan di lapangan. 

Dari sosok Susy, Laura mempelajari proses panjang menuju keberhasilan, semangat juang, dan kecintaan terhadap negara. Menurut Laura, Susy juga sangat religius dan menggantungkan seluruh harapan pada Tuhan.

"Yang dipelajari bukan soal badminton saja, tapi juga rasa di baliknya. Semua hal itu saya resapi satu per satu," ungkap aktris yang pernah membintangi film Haji Backpacker itu.

Ia mengisahkan riwayat hidup Susy, film tentunya tak bisa lepas dari sang suami, pebulu tangkis Alan Budikusuma. Pada Olimpiade Barcelona 1992, baik Susi maupun Alan sama-sama mendapatkan medali emas untuk Indonesia.

Karakter Susy dan Alan dalam film diperankan aktris Laura Basuki dan Dion Wiyoko. Deretan pemain lain yakni Chew Kin Wah, Lukman Sardi, dan Muhammad Farhan. Sutradara Sim F dipercaya mengarahkan film.

Susy Susanti: Love All merupakan film layar lebar pertama Sim F yang belasan tahun berpengalaman menggarap iklan televisi dan video musik. Proses pengambilan gambar sudah berlangsung sejak Agustus 2018.

"Rencananya proses shooting sampai Oktober, lokasinya di Jakarta, Barcelona, dan Tasikmalaya. Film ini adalah milik semua, semoga bisa menginspirasi generasi milenial," kata Sim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement