Ahad 16 Sep 2018 09:43 WIB

Wisata Melihat Bintang Jadi Gaya Baru Berlibur

Banyak tempat di dunia yang menawarkan pengalaman di malam gelap bertabur bintang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pemandangan Milky Way di sebuah laguna di Madrid, Spanyol. Banyak wisatawan yang kini gemar melakukan astroturisme.
Foto: EPA
Pemandangan Milky Way di sebuah laguna di Madrid, Spanyol. Banyak wisatawan yang kini gemar melakukan astroturisme.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti menonton matahari terbenam, mencari bintang dilangit malam adalah ritual liburan. Namun dalam lima tahun terakhir, menurut para ahli, istilah astrotourism telah berevolusi untuk menggambarkan perjalanan yang lebih disengaja ke tempat-tempat dengan langit gelap dan bintang yang lebih terlihat.

“Astrotourism adalah segala jenis pariwisata yang melibatkan langit malam atau fasilitas kunjungan yang berhubungan dengan astronomi seperti observatorium, dan menggabungkannya dengan ekowisata yang lebih luas di mana interaksi dengan alam adalah pengalaman pengunjung,” kata John Barentine, direktur publik kebijakan di International Dark-Sky Association, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Tucson, Arizona, yang ditujukan untuk memerangi polusi cahaya dan memastikan langit gelap melindungi tempat bintang dan planet bersinar terang.

Seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Ahad (16/9), dalam 30 tahun sejarahnya, asosiasi ini telah menetapkan lebih dari 60 International Dark Sky Parks di kawasan lindung, seperti Taman Nasional Grand Canyon. Cagar Langit Gelap Internasional telah melindungi lahan di pusatnya, seperti hutan nasional, dan kotamadya di wilayah penyangga mereka yang telah sepakat untuk mengurangi emisi cahaya.

Keempat Cagar Langit Langit Internasional cenderung berada di daerah terpencil. Misalnya di Kepulauan Pitcairn di Pasifik.

Pada bulan Maret, perpustakaan umum di Rancho Mirage, California, membuka sebuah observatorium dengan kubah sepanjang 23,5 kaki serta teras seluas 2.000 kaki persegi. Pada bulan Juni, Viking Ocean Cruises meluncurkan kapal barunya, Viking Orion, yang menampilkan planetarium dan astronom yang menawarkan ceramah, menuntun bintang langit dan tur malam dalam ruangan.

National Park Service telah mengadaptasi slogannya "temukan taman Anda" menjadi "temukan taman Anda setelah gelap" untuk meningkatkan kesadaran akan program langit malamnya. Program meliputi pesta bintang, festival, ceramah interpretatif, dan program penjelajah malam anak-anak.

Keinginan melihat matahari tahun 2017 memnyebabkan kemacetan di sepanjang jalurnya pada 2017. Arah dari Texas ke Maine pun bersiap dengan kesibukan serupa ketika gerhana Maerika Utara terjadi di 8 April 2024. Namun pengunjung Amerika Selatan tidak akan menunggu selama itu, karena di Juli 2019 akan terjadi gerhana di sepanjang Cile dan Argentina.

"Gerhana musim panas lalu membangkitkan begitu banyak kesadaran. Orang-orang benar-benar terpana melihat itu," kata Samuel Singer, pemilik Wyoming Stargazing yang memandu pandangan bintang publik dan pribadi di Jackson Hole dan Taman Nasional Grand Teton. Didirikan pada tahun 2014, perusahaan telah berkembang dari satu teleskop bertenaga tinggi menjadi 10 untuk memenuhi permintaan.

Di setiap budaya ada mitos tentang bintang dan cerita di sana, tambahnya. "Orang-orang selalu mencari jawaban."

Banyak tempat melihat bintang terbaik di Amerika Utara terletak di dekat resor gunung populer, tujuan ski dan taman nasional dan negara bagian, menambahkan keajaiban kosmik untuk perjalanan ke sana. Bersama dengan acara dan festival bintang, mereka memperluas galaksi astrotourism atau turisme astronomi

Taman dan atraksi

Pada bulan Desember, Central Idaho Dark Sky Reserve menjadi Cagar Langit Gelap Internasional pertama di Amerika Serikat, yang mencakup 1.400 mil persegi di pusat Idaho di Pegunungan Sawtooth, dari Ketchum di Sun Valley hingga Stanley. Asosiasi Gelap-Langit Internasional menyebut Idaho salah satu kolam terakhir dari kegelapan malam hari yang tersisa di Amerika Serikat.

Musim panas ini, National Geographic dan Au Diable Vert Mountain Station, Dark Sky Preserve di Glen Sutton, Quebec, dekat perbatasan AS, membuka Observ-Etoiless, planetarium augmented reality udara terbuka pertama. Teater, dengan 184 kursi memberikan pengunjung AR headset menampilkan overlay digital ilustrasi abad ke-17 yang sejajar dengan bintang-bintang dan planet-planet di atas kepala.

Walkway Over the Hudson, antara Poughkeepsie dan Lloyd di kedua sisi Sungai Hudson di negara bagian New York, telah menambahkan Starwalk musim panas ini. Kegiatan ini menyebarkan para ilmuwan dan guru di sepanjang rentang untuk berbicara tentang tema-tema khusus, menawarkan malam hari kiat fotografi dan teleskop secara gratis.

Festival

Berkumpulnya banyak bintang, mulai dari pesta bintang di taman negara hingga safari bintang minggu di Australia. Majalah AmSky.com membuat daftar pertemuan kosmik global.

Provinsi Alberta, Kanada, adalah rumah bagi enam Dark Sky Preserves. Salah satu yang terbesar di dunia, Jasper Dark Sky Preserve seluas 4.200 kaki persegi di Canadian Rockies, menawarkan jamuan bintang dan Northern Lights jam September hingga Mei, termasuk musim ski. Dari 12 hingga 21 Oktober, Jasper Dark Sky Festival akan menampilkan astronot dan saudara-saudara Scott Kelly dan Mark Kelly sebagai pembicara, di samping sesi tentang fotografi malam, wisata teleskop dan astronomi.

Bagi mereka yang ingin mengambil foto yang lebih baik dari langit malam, Konferensi Astrophotografi tahunan keempat di Adirondack Public Observatory di Tupper Lake, New York, 11 sampai 14 Oktober, akan fokus pada lokakarya fotografi langit gelap.

Ketika kawasan ini mengeksplorasi sertifikasi langit-gelap, Manning Park Resort di Manning Provincial Park, British Columbia timur akan mengadakan Akhir Pekan Astronomi yang pertama, 12-14 Oktober, yang menampilkan para astronom, sesi untuk anak-anak dan lebih banyak lagi pembicaraan ilmiah.

Resor

Resor seperti Hyatt Regency Maui Resort dan Spa di Hawaii, dengan tiga teleskop bertenaga tinggi di atapnya yang mampu menemukan 80 rasi bintang, dan Primland di Blue Ridge Mountains di Virginia, rumah bagi observatoriumnya sendiri, telah menetapkan bar tinggi untuk astronomi kasual.

Di Meksiko, Four Seasons Punta Mita, baru-baru ini mulai menawarkan bintang penglihatan gratis di driving range-nya. Pemandu menggunakan laser untuk menunjukkan bintang dan rasi bintang di atasnya. Tur mengamati langit pribadi dapat dilakukan di pantai.

Para tamu di Westin Grand Cayman Seven Mile Beach Resort & Spa di Karibia dapat memesan cabana pantai di tepi pantai pada malam hari untuk melihat bintang sambil ditemani api unggun. Di Sedona, Arizona, L'Auberge de Sedona Resort & Spa telah menambahkan "mandi bintang" gratis dalam fasilitasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement