Jumat 14 Sep 2018 08:16 WIB

Waktu Terbaik Minum Teh Hijau

Minum teh hijau di pagi hari dengan perut kosong amat tidak disarankan

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Teh hijau
Foto: Boldsky
Teh hijau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa yang membuatnya menjadi minuman paling populer. Selebriti asal India, Kareena Kapoor dan Anushka Sharma menyatakan dengan meminum teh hijau karena membantu menurunkan berat badan dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Akan tetapi, untuk mendapatkan sebagian besar manfaat, kamu harus tahu kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau. Teh hijau telah menjadi populer untuk kesehatan dan kebugaran sehingga para olahragawan juga meminumnya. Ia kaya akan mineral, vitamin dan memiliki sifat anti-radang, dan menurunkan risiko untuk penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Tidak seperti teh lainnya, teh hijau tidak melalui proses oksidasi yang membuatnya lebih sehat. Dibandingkan dengan varietas teh hijau herbal lainnya, teh hijau murni telah lama dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat untuk minuman lain, sejak zaman kuno.

Teh hijau memiliki khasiat kuat yang menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh. Ini juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang meningkatkan kekebalan Anda serta melindungi terhadap pilek dan flu. Antioksidan ini juga baik untuk kulit dan rambut Anda.

Namun kapan waktu yang tepat untuk meminum teh hijau? Seperti yang telah dilansir dari Boldsky meminum teh hijau jangan diminum di pagi hari. Alasannya teh hijau memiliki efek berbahaya pada hati karena kandungan kafein yang tinggi di dalamnya, apalagi dalam keadaan perut kosong.

Karena teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin, jumlah teh hijau yang dikonsumsi harus dipantau. Konsentrasi katekin yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Minum teh hijau di pagi hari sekitar jam 10 hingga jam 11 pagi atau di awal malam. 

Selanjutnya teh hijau dapat diminum di sela-sela waktu makan, sebaiknya dua jam sebelum atau sesudah makan untuk memaksimalkan asupan nutrisi dan penyerapan zat besi. Jika kamu seorang penderita anemia, hindari minum teh hijau bersama dengan makananmu. Menurut National Cancer Institute, katekin antioksidan yang ada dalam teh hijau menghambat pencernaan dan penyerapan zat besi dari makanan kamu.

Minum teh hijau sebelum berolahraga dapat membantu membakar lebih banyak lemak hanya karena keberadaan kafein. Kafein meningkatkan energi yang akan membantu kamu berolahraga untuk waktu yang lebih lama. 

Selain itu secangkir teh hijau sebagai minuman sebelum tidur juga dilarang. Itu karena kafein adalah stimulan yang terbukti dan mengganggu tidur kamu di malam hari.

Ini juga mengandung asam amino yang disebut L-Theanine yang membuat kamu waspada dan berkonsentrasi lebih baik. Sebaliknya minum teh hijau menjelang malam hari, karena ini adalah waktu metabolisme kamu rendah dan minum teh akan meningkatkan metabolisme.

Selain itu menurut University of Maryland Medical Center, kita hanya boleh mengkonsumsi 2-3 cangkir teh hijau per hari atau 100 hingga 750 mg ekstrak teh hijau per hari. Jika teh hijau dikonsumsi berlebihan, itu akan mulai menghilangkan semua elemen penting dari tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement