Rabu 12 Sep 2018 23:30 WIB

Kulit Wajah Pria Lebih Lambat Menua, Ini Alasannya

Tanda penuaan pada wajah pria akan muncul pada usia 40an.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nur Aini
Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga.
Foto: EPA
Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dermatologist, dr. Eddy Karta, Sp. KK mengatakan, kulit wajah pada pria lebih lambat menua dibandingkan dengan perempuan. Biasanya, perempuan sudah mulai muncul penuaan di usia 30-an, namun pria akan muncul pada 40-an.

"Wanita 30-an itu kulit udah galau, kalau cowok nanti pada 40-an ke atas, jadi beda. Pria lebih lambat menua dibandingkan cewek. Pada pria kelenjar minyak lebih banyak dan kulitnya lebih tebal," kata dr. Eddy Karta, Sp. KK, di Jakarta, Rabu (12/9).

Menurutnya, pria memiliki kulit wajah yang sangat berbeda dengan kulit wajah perempuan. Ia mengatakan, secara umum kulit pria akan berubah semenjak akil baligh atau pubertas. Hormon testosteron membuat kulit wajah pria lebih tebal, produksi keringat dan minyak yang lebih tinggi.

Dia mengatakan dengan kondisi wajah yang lambat menua, biasanya pria enggan merawat kulit wajah. Padahal, penting untuk melakukan perawatan pada wajah untuk investasi jangka panjang.  "Investasi paling awal bagi pria itu bisa dimulai dari usia 20-an. Mereka bisa menggunakan tabir surya untuk perkenalan terlebih dahulu," kata dia.

Selain itu, masalah yang biasa dialami para pria yakni kulit wajah iritasi, terkikis dan peradangan, yang disebabkan saat mencukur kumis atau jenggotnya. Sebaiknya setelah mencukur, para pria dapat menggunakan pelembab wajah. "Bahan alami merawat kulit pada pria yang penting  segala macam antioksidan, untuk mencegah peradangan baik dari makanan ataupun yang dioles," ungkap dr. Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement