Senin 10 Sep 2018 15:18 WIB

Ini Tahapan Perawatan Wajah Sehari-Hari

Pembersih merupakan hal paling wajib dalam merawat wajah.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolanda
Wanita sedang melakukan perawatan wajah/facial. Ilustrasi.
Foto: Withlovefay.com
Wanita sedang melakukan perawatan wajah/facial. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kulit wajah untuk tetap sehat merupakan modal utama. Secanggih apapun riasan yang digunakan, tapi kulit wajah tidak sehat akan percuma.

Melakukan perawatan wajah pun perlu dilakukan setiap hari. Aktivitas akan terus menggerus usia kulit, sebab itu, perawatan pun tidak bisa dilewatkan.

Namun, sebenarnya tahapan apa saja untuk menjaga kulit wajah tetap sehat? Ada yang menyarankan hingga 10 tahapan, ada pula yang kurang dari itu.

Ahli kecantikan kulit berbasis di London Dr Sam Bunting membagikan tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat kulit tetap sehat, dikutip dari The Independent, Senin (10/9).

1. Pembersih atau Cleanser

Sebaiknya mulai dengan kanvas kosong yang bersih sehingga menggunakan pembersih selalu merupakan langkah pertama. Dr Bunting menyarankan investasi dalam produk berkualitas baik yang bisa menghapus make up, SPF, minyak, dan kotoran.

"Yang paling penting, itu juga tidak bahaya, yaitu tidak ada penyumbatan pori-pori dan tidak kering, terlalu kencang," katanya.

2. Toner

Dr Bunting mengatakan, banyak orang memilih untuk melewati tahapan ini. Namun, pada prinsipnya, toner harus datang setelah wajah dibersihkan.

“Pembersih bilas bersih dan tidak boleh mengganggu pH kulit, membuat toner sedikit berlebihan,” kata Dr Bunting. 

3. Serum dan krim tertentu

"Saya pikir itu masuk akal untuk mempertimbangkan krim spot dan serum di bawah kategori aktif yang berarti 'dosis' spesifik produk yang mengandung bahan dengan tujuan perbaikan," ujar Dr Bunting.

Krim tertentu ini biasanya digunakan untuk bagian-bagian tertentu yang ingin mendapatkan perawatan ekstra. Sering kali krim ini mengandung asam salisilat atau bahan anti-penuaan seperti retinol dalam format serum, yang akan berguna juga kalau memang ingin digunakan untuk seluruh wajah.

4. Krim mata

Kategori opsional lainnya, tidak semua orang memilih untuk menggunakan krim mata. Namun, ada orang-orang yang lebih memilih produk khusus karena menyerap dengan baik ke area bawah mata.

Dr Bunting menyarankan, menggunakan serum yang mengandung bahan yang akan menguntungkan area bawah mata, seperti vitamin C, terlebih dahulu. Ini akan membantu penyerapan dan memberikan manfaat ekstra.

5. Pelembap dan minyak wajah

Langkah selanjutnya dalam rutinitas dalah mengunci air dengan menggunakan pelembab. Cara menggunakan pelembab dengan gerakan ke atas dan ke arah luar.

Dr Bunting mengatakan, pelembab ini dapat digantikan dengan menggunakan minyak wajah. Namun, tidak terlalu dianjurkan, sebab, itu kategori produk yang akan memicu jerawat pada kulit yang cenderung berjerawat. 

6. SPF

Langkah terakhir dalam perawatan kulit adalah tabir surya. "Ini tidak dapat dinegosiasikan kalau Anda peduli untuk mencegah penuaan dan itu harus diterapkan secara merata di seluruh wajah, yang mendorong aplikasi yang sistematis dan bahkan," kata Dr Bunting.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement