Senin 10 Sep 2018 15:00 WIB

Kunci Sukses Nenek 75 Tahun Jadi Binaraga

Lorraine latihan olahraga enam hari sepekan di selingi diet 'nude'

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Janice Lorraine, Binaragawati tertua di dunia
Foto: indiatimes.com
Janice Lorraine, Binaragawati tertua di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini bodybuilding atau binaraga dianggap sebagai olahraga yang identik dengan kaum pria. Tidak heran, kaum pria memang selalu mendominasi dalam banyak kompetisi binaraga. Nyatanya, kaum perempuan juga ada yang sukses menjadi seorang binaraga.

Di usianya ke 75 tahun, Janice Lorraine telah berhasil meraih 23 gelar kejuaraan binaraga. Diusia yang sudah sangat matang tersebut, Lorraine tercatat sebagai orang tertua yang berkompetisi di kategorinya. Perempuan asal Australia ini sudah mulai jadi binaraga di akhir 90an sejak olahraga tersebut masih didominasi pria.

Lorraine mengaku tujuannya masih aktif berkompetisi untuk memotivasi dan menyemangati perempuan lain untuk menjalani hidup seperti yang mereka mau. "Saya ingin perempuan tidak sebatas menjalani kehidupan yang terikat dengan stereotipe tradisional," kata Lorraine dikutip India Times.

Lorraine mengaku pertama kali terjun ke olahraga ini waktu usianya 55 tahun. Sebelumnya, Lorraine lebih sering melakukan aerobik dan latihan beban. Lorraine tergerak untuk menjadi binaraga karena melihat seorang perempuan tua yang tidak bisa berjalan tanpa tongkatnya. Dia memutuskan tidak akan seperti perempuan tersebut. 

"Saya dengar latihan beban baik untuk kepadatan tulang dan itu efektif untuk menangkal osteoporosis, saya berlatih sangat keras dan mulai berkompetisi setelah 15 bulan masa latihan," kata Lorraine. 

Untuk menjadi seorang binaraga seperti saat ini, Lorraine menerapkan latihan ketat yang didampingi oleh seorang pelatih muda. Jadwal latihan pun diatur sedemikian rupa oleh pelatih selama enam hari dalam sepekan. Selama tiga hari mulai Senin, Rabu dan Jumat, Lorraine akan melatih otot. Sementara pada Selasa, Kamis dan Sabtu, Lorraine menyelingi latihannya dengan jalan, push-up, tricep push-up, hingga latihan perut.

Selain fokus latihan, Lorrain juga menjaga makannya, baik saat berkompetisi maupun tidak sedang berkomompetisi. Lorraine menyebut program dietnya "nude". Seperti nama dietnya, Lorraine berupaya menghindari makanan diproses dan lebih suka makanan mentah seperti salad, potongan ubi yang dipanaskan.

Sementara daging seperti ayam, ikan dan sapi diolah dengam cara dipanggang. Dia juga hanya boleh mengonsumsi satu potong biskuit dan satu potong coklat bebas gula dalam sehari sebagai camilan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement