Senin 10 Sep 2018 02:29 WIB

Film Pendek Kado Raih Penghargaan di Venice Film Festival

Film arahan sutradara Aditya Ahmad ini mengalahkan 12 film pendek lainnya

Rep: Christiyaningsih/ Red: Hazliansyah
Rol Film
Foto: ingeyukiko.blogspot.com
Rol Film

REPUBLIKA.CO.ID, VENESIA -- Film pendek milik Miles Films berjudul Kado meraih penghargaan sebagai Film Pendek Terbaik di ajang Orizzonti, 75th Venice International Film Festival. Film arahan sutradara Aditya Ahmad ini mengalahkan 12 film pendek lainnya.

Produser Mira Lesmana dan Riri Riza hadir di acara tersebut, bersama Isfira Febiana dan Adin Amaruddin selaku pemeran utama dan manajer produksi.

"Kado bersaing dengan film-film dari berbagai negara yang juga istimewa, jadi kemenangan ini sungguh kebanggan bukan hanya untuk kami, tapi juga untuk kita Indonesia," ungkap Mira Lesmana dalam keterangan resminya.

Adit sang sutradara juga sangat berbahagia. Ia mengakut tidak menyangka bisa meraih penghargaan.

"Selain berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ini, saya juga mendapat kesempatan berada dalam satu ruangan dan berkenalan dengan sutradara-sutradara ternama dunia," jelasnya.

Adit berkesempatan bertemu Alfonso Cuarón sutradara terbaik Oscar 2014 untuk film Gravity dan pemenang Golden Lion untuk film terbarunya Roma di Venesia. Dia juga berjumpa Guillermo del Toro sutradara The Shape Of Water yang menjadi film terbaik Oscar 2018.

"Mereka begitu ramah dan memberikan ucapan selamat kepada saya," imbuh Adit.

Aditya Ahmad bukanlah nama asing di kancah festival film Indonesia maupun dunia. Tahun 2014, film pendeknya berjudul Sepatu Baru yang juga dibintangi Isfira Febiana dibuat Adit sebagai tugas akhir syarat kelulusan dari Institut Kesenian Makassar. On Stopping The Rain, demikian judul film tersebut dalam bahasa inggris, sukses menuai pujian.

Diantaranya Special Mention di kategori Generation Kplus yang merupakan bagian dari Berlinale, festival film internasional bergengsi di Berlin.

Film Kado yang berjudul bahasa Inggris A Gift, melakukan pengambilan gambar di Makassar, Sulawesi Selatan. Kru serta pemainnya adalah anak-anak muda berbakat yang seluruhnya berasal dari Makassar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement