Jumat 07 Sep 2018 07:54 WIB

Denny Sumargo Belajar Jadi Suami dari Ayah Ahok

Denny memerankan karakter ayah Ahok dalam film terbarunya.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Denny Sumargo
Foto: MGROL 106
Denny Sumargo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film A Man Called Ahok menceritakan kehidupan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok saat tumbuh besar. Relasi Ahok dan ayahnya menjadi cerita utama film ini.

Karakter ayah Ahok yaitu pria bernama Kim Nam diperankan oleh Denny Sumargo. Sosok dalam film yang berlatar belakang di Gantong, Belitung Timur ini, awalnya hampir tidak dimainkan oleh Denny.

"Awalnya saya ditawari untuk memainkan Basuki. Kemudian, saya ganti peran menjadi bapaknya Pak Ahok ketika masih muda," kata Denny Sumargo dalam konferensi pers dan pemutaran cuplikan film A Man Called Ahok untuk pertama kalinya di Metropole XXI, Jakarta, Kamis (6/9).

Menurutnya, menjadi Kim Nam merupakan sesuatu yang sulit. Pasalnya, ia benar-benar tidak tahu bagaimana karakter dari figur seorang Kim Nam. Ia harus selalu berelaborasi dengan Chew Kin Wah yang memainkan peran Kim Nam ketika sudah tua.

Kesulitan yang ia hadapi adalah mencari jejak mengenai Kim Nam. Tidak ada coretan apapun mengenai sosok tersebut yang dapat dijadikan referensi untuk memerankannya. Meski begitu, ia tetap mengambil peran Kim Nam untuk menantang kemampuan beraktingnya.

Selain itu, cara Denny agar ia memahami karakter Kim Nam lebih baik adalah dengan melihat pesan yang ingin disampaikan dalam film A Man Called Ahok. "Saya melihat pesan ini sangat kuat. Bahwa figur dari Pak Ahok sendiri tidak akan ada tanpa figur seorang ayah yang begitu keras dan tegas," kata Denny.

Menurutnya, meski didikan dari Kim Nam sangat keras, tetapi hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan Ahok menghadapi dunia yang keras. Apabila ia tidak terbiasa dengan perlakuan keras dan tegas, maka ia akan hancur.

Karakter Kim Nam, menurut Denny, memberinya sedikit wawasan mengenai keluarga. Terlebih lagi, Denny sebentar lagi akan menikah dengan tunangannya Dita Soedarjo, putri dari keluarga pengusaha Sutikno Soedardjo.

"Buat saya pribadi, film ini memberi pandangan yang besar bahwa tidak mudah menjadi sosok seorang ayah, seorang suami. Yang penting harus setia, kalau tidak setia nanti bagaimana membimbing wanitanya," jelas Denny.

Kim Nam adalah ayah dari Ahok yang merupakan seorang pebisnis pertambangan. Namun, Kim Nam harus berhadapan dengan kasus korupsi dan ia tidak mau memberi bayaran kepada oknum tak bertanggung jawab. Mulai dari situ, bisnisnya perlahan mengalami kemunduran yang menyebabkan kehidupan keluarga yang tadinya serba kecukupan menjadi sulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement