Rabu 05 Sep 2018 16:34 WIB

Daftar Makanan Anti Penuaan (1)

Kacang polong bisa memperlambat penuaan sel.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kacang polong
Foto: pixabay
Kacang polong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak mau awet muda? Setiap orang pasti menginginkan dirinya nampak muda dan segar.

Beragam cara dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan anti penuaan. Apa saja sih makanan tersebut?

Bubur kacang polong

Seperti dilansir dari laman Reader's Digest, Rabu (5/9), salah satu makanan yang bisa menangkal penuaan adalah kacang polong. Ketika ingin hidup panjang umur, tidak masalah bagaimana Anda memakan kacang polong hijau dan kuning Anda. Yang penting adalah Anda memakannya.

Mengonsumsi kacang polong utuh dan kacang polong lainnya dapat memperlambat penuaan pada tingkat sel, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di BMJ. Para peneliti berspekulasi polong kaya serat dan antioksidan yang memberi kekuatan umur panjang mereka.

Kenari

Tergila-gila pada kacang adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan. Orang yang makan kacang, terutama walnut, tiga kali seminggu atau lebih menikmati dua hingga tiga tahun hidup. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan di  BMC Medicine.

Kacang secara signifikan mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, dua pembunuh terbesar yang dihadapi seiring dengan bertambahnya usia. Ada satu peringatan, studi kedua menemukan bahwa manfaat yang memperpanjang hidup tidak meluas ke kacang atau selai kacang.

Protein nabati

Jangan panik, tidak ada yang mengatakan Anda harus menyingkirkan steak kesukaan. Tapi beberapa kali makan tanpa daging seminggu dapat memperpanjang jumlah minggu dalam hidup Anda. Menambahkan sumber tanaman protein dapat membantu memperpanjang umur, terutama jika menderita masalah ginjal.

Hal ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Society of Nephrology. Makanan seperti quinoa, beras dan kacang-kacangan, kedelai, tahu, dan soba hampir sama banyaknya mengandung protein per porsi seperti halnya daging. Bahkan Anda mendapatkan manfaat tambahan dari serat, vitamin, dan mineral.

Wortel

Wortel adalah makanan kesehatan klasik sehingga mungkin tidak mengejutkan mendengarnya benar-benar baik untuk tubuh.Tapi tahukah kalau wortel tidak hanya memperpanjang umur tapi juga membantu Anda terlihat lebih seksi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Glasgow menemukan bahwa karotenoid yang memberi wortel warna oranye terang dapat memperlambat proses penuaan. Serta memiliki bonus tambahan membuat Anda lebih menarik bagi calon pasangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement