Selasa 04 Sep 2018 18:27 WIB

Tips Atasi Flu dalam Waktu Singkat

Menghindari stres hingga tidur cukup merupakan cara mengatasi flu.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Penyakit flu.
Foto: Torange
Penyakit flu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sampai saat ini belum ada obat yang bisa mencegah flu selamanya. Namun, ada banyak perawatan sederhana untuk mengatasi penyakit musiman ini.

Anda bisa membaca tips berikut untuk melawan flu dalam waktu singkat, dilansir dari Men's Health.

Baca Juga

Banyak minum air

Semakin banyak Anda minum air, semakin encer lendir di saluran pernapasan Anda. Mendapat cukup cairan juga membantu Anda terhindari dari sakit kepala dan kelelahan.

Hindrasi membantu menjaga saluran hidung tetap lembab, dan menyingkirkan partikel kecil serta bakteri di dalamnya. Hindari minum minuman beralkohol dan berkafein saat flu.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam beberapa kali selama periode flu juga membantu mengencerkan lendir. Anda cukup melarutkan sekitar setengah sendok teh garam ke dalam air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari.

Mandi air hangat

Mandi air hangat atau mandi uap bisa membantu meredakan sinus dan hidung tersumbat. Ini juga membantu membuat Anda lebih rileks dan meringankan nyeri otot.

Kompres panas dingin

Anda bisa menerapkan kompres panas dingin untuk meredakan sinus dan hidung tersumbat. Anda bisa menggunakan air hangat dan air dingin, kemudian mengompres tubuh secara bergantian.

Hindari stres

Ketika Anda stres atau tertekan, sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap inveksi virus dan bakteri. Menghindari sumber-sumber stres bisa mengurangi 35-60 persen tingkat keparahan flu.

Istirahat cukup

Istirahat cukup adlah obat terbaik untuk flu. Anda harus mendengar suara tubuh Anda yang mungkin kelelahan. Jangan terlalu memaksakannya.

Tidur cukup

Tidur cukup dan teratur melawan kuman dan menangkal flu lebih cepat. Penelitian di Archives of Internal Medicine menemukan orang yang tidur kurang dari tujuh jam per malam tiga kali lebih rentang terserang flu.

Buang kotoran hidung

Jangan segan untuk membuang kotoran hidung Anda dan mengeluarkan lendir di dalamnya. Tiup hidung dengan tisu untuk mengurangi tekanan di gendang telingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement