Selasa 04 Sep 2018 17:22 WIB

Ternyata Dua Kali Olahraga dalam Sehari Bermanfaat

Anda bisa mencoba berolahraga selama 30 menit di pagi dan malam hari

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Salah satu gerakan BOOM atau paduan Boxing dengan musik yang digagas oleh Fitness First.
Foto: Republika/Dwina Agustin
Salah satu gerakan BOOM atau paduan Boxing dengan musik yang digagas oleh Fitness First.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada umumnya banyak orang melakukan olahraga hanya satu kali dalam sehari. Mungkin olahraga dua kali dalam sehari dianggap berlebihan kecuali berusaha mencapai tujuan tertentu.

Namun, dilansir dari Mens Health, Selasa (4/9), ternyata ada manfaat bagi siapapun yang berkomitmen melakukan latihan dua kali sehari. Sebagai permulaan anda mungkin tidak harus melakukan dua kali latihan intens setiap hari.

Berita terkait

Anda cukup melakukan setengah latihan anda di pagi hari dan sisanya di sore atau malam hari. Ini membantu memberikan istirahat pada tubuh anda.

Meskipun durasi latihan anda bergantung pada tingkat aktivitas dan target kebugaran, anda dapat mencoba berolahraga selama 30 menit di pagi hari dan malam hari.

“Waktu 60 sampai 90 menit bisa menguras secara fisik dan mental,” kata pelatih Mike Donavanik. Latihan meningkatkan detak jantung, sirkulasi, dan aliran darah ke otot serta berkeringat. Akhirnya otot mulai terasa lelah.

Tetapi setelah anda menyelesaikan latihan pertama serta beristirahat beberapa jam memungkinkan tubuh anda pulih kembali ke tingkat homeostatis (ketahanan awal). Pada saat itu, anda dapat melakukan reboot untuk latihan lain.

Sebagai manfaat tambahan, otot anda benar-benar dapat meningkatkan massa dan kekuatan dari waktu ke waktu ketika berlatih dua kali. “Setiap kali anda berlatih, anda memberikan tubuh dengan stimulus yang mempromosikan sintetis protein lebih besar dan adaptasi otot,” ujar Kepala Terapi Fisik di All Sports Physical Theraphy Dr. Paul Mostoff.

Dari berbagai manfaat latihan dua kali dalam sehari, tetap ada hal penting yang harus diperhatikan. Jika anda tidak terbiasa berlatih keras dan langsung menjalani latihan dua kali sehari, maka mungkin anda lebih lamban daripada biasanya.

Penting juga bahwa anda tidak boleh hanya mengikuti latihan yang sama untuk setiap sesi. Ada kemungkinan anda dapat mengalami latihan berlebih dan tubuh terasa terbakar. Ini bisa berbahaya bagi tubuh.

Jangan menghabiskan banyak latihan high-intensity interval training (HIIT) dalam waktu singkat. Dengarkan tubuh anda ketika dirasa sudah cukup.

“Memberi perhatian khusus pada pemanasan tepat, hidrasi, tidur, nutrisi, cukup istirahat di antara latihan di hari yang sama (empat sampai lima jam), akan menghindari latihan berlebih (over training)” kata Mostoff.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement