Senin 03 Sep 2018 17:25 WIB

Jelajahi Destinasi Kuliner Lokal di Australia

Bagi wisatawan yang suka seafood, Australia adalah surganya.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung melihat beragam seafood segar di Pasar Ikan Sydney, Australia.
Foto: EPA
Pengunjung melihat beragam seafood segar di Pasar Ikan Sydney, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Siapa bilang Australia bukan destinasi wisata kuliner? Selain dikenal dengan keindahan pantai-pantainya, Negeri Kanguru ini ternyata juga memiliki keragaman makanan lokal yang tidak kalah lezat untuk dicicipi dibandingkan negara lain.

“Kekuatan kuliner Australia terletak pada bahan-bahannya yang segar,” ujar Scoot Walker, Country Manager Singapore & Indonesia Tourism Australia, saat ditemui dalam acara peluncuran kampanye Undiscover Australia, di Hotel Rafles, Ciputra World 1, beberapa waktu lalu.

Bagi wisatawan yang suka seafood, Australia adalah surganya. Seafood Australia memiliki reputasi yang cukup bagus di dunia karena dikelilingi oleh air yang murni. Seafood terbaik Australia bisa ditemukan Pasar Ikan Sydney.

Lokasi pasar yang dekat dengan samudra membuat ikan yang dijual masih dalam kondisi segar. Di sejumlah restoran yang berada di sekitar pasar, wisatawan bisa menemukan udang karang marron dan kerang batu Sydney.

Sementara di Tasmania, wisatawan bisa memancing ikan atau kerang dari laut dan memakannya langsung di penginapan mewah di Saffire Freycinet atau Freycinet Marine Farm. Bagi wisatawan yang suka berpetualang, bisa ikut berburu kepiting lumpur dengan warga pribumi di The Kimberley.

Selain itu wisatawan juga bisa memetik buah-buahan segar dari pohonnya langsung di Rayner’s Orchad di Yarra Valley, Victoria, lalu menikmatinya dalam olahan jus apel segar. Wisatawan bergaya hidup sehat akan terfasilitasi dengan adanya kebun sayur organik di Margaret River, Australia Barat.

 

Australia juga sering menggelar festival makanan yang menghadirkan makanan dari berbagai wilayah. Salah satu festival yang akan diselenggarakan di bulan November adalah Gourmet Beach BBQ di Margaret River Gourmet Escape. Di festival ini wisatawan bisa mencicipi hidangan khas samudra India dan menikmati cocktail, canape, dan makanan lokal lainnya.

Selain itu ada pula festival kuliner yang diadakan pada musim panas yaiti Taste of Tasmania. Festival ini menghadirkan makanan lokal terbaik ditemani pertunjukkan musik dari lebih 100 artis dan musisi jalanan.

Bagi wisatawan Muslim, ada banyak restoran bersertifikat halal yang bisa ditemukan di berbagai negara di Australia. Mulai dari makanan khas Asia hingga Timur Tengah tersedia banyak restoran. Ini bertujuan agar otoritas wisata Australia bisa memenuhi semua kebutuhan wisatawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement