Jumat 31 Aug 2018 09:26 WIB

Aktif Berhubungan dengan Pasangan Kunci Kulit Bercahaya

Aktivitas seksual mendorong tiga hormon yang kurangi stres dan cegah jerawat

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pasangan suami istri.
Foto: Pixabay
Pasangan suami istri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berhubungan seksual ternyata tidak hanya dapat meningkatkan keintiman dengan pasangan. Lebih jauh, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa di dapat jika seseorang aktif atau rutin melakukannya. 

Manfaat kesehatan yang paling sering diketahui yaitu dapat membantu membakar kalori layaknya berolahraga. Namun selain itu, baru-baru ini juga dikabarkan bahwa aktivitas seks memiliki dampak positif terhadap kulit. 

"Selama aktivitas seksual khususnya setelah orgasme, tubuh akan melepaskan serotonin, dopamine, oksitosin dan prolaktin," kata Shirley Chi, MD, seorag dermatolog yang berbasis di California, dilansir dari Good and Well.

Menurut Chi, ketiga hormon ini bertugas mengurangi dampak dari hormon stres, kortisol, yang terdapat di dalam tubuh. Hormon-hormon yang dilepaskan usai orgasme ini juga bisa menciptakan rasa relaksasi. 

 

Tentu, stres merupakan salah satu faktor yang dapat membuat masalah menjadi terasa semakin runyam dan menjengkelkan. Maka berhubungan intim dengan pasangan adalah solusi mengurangi stres tersebut. 

"Jerawat muncul karena ada rangsangan stres, semakin stres Anda, maka kulit akan semakin banyak memproduksi minyak yang bisa berujung pada pembentukan jerawat," jelas Chi. 

Hormon-hormon yang tidak seimbang merupakan faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat. Chi menjelaskan, jerawat berasal dari ketidakseimbangan hormon testosteron dan esterogen. 

Sekali lagi, aktivitas seksual bisa menjadi solusinya. "Aktivitas seksual dapat meningkatkan sirkulasi dimana hal itu baik untuk menghilangkan racun dari kulit," kata Chi. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement