Jumat 31 Aug 2018 06:58 WIB

Sketsa Asli Donald Duck Karya Walt Disney Laku Dilelang

Ilustrasi Donald Duck dilengkapi tanda tangan mendiang Disney

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Walt Disney
Foto: Prezi.com
Walt Disney

REPUBLIKA.CO.ID, Sketsa asli tokoh animasi Donald Duck karya Walt Disney laku dilelang seharga 6.000 poundsterling atau setara Rp 114 juta. Ilustrasi tersebut juga dilengkapi tanda tangan mendiang Disney di bagian bawahnya.

"Kemungkinan sketsa ini dibuat mendadak oleh Disney untuk penggemar atau kenalan bisnis. Sangat jarang ada ilustrasi Donald Duck yang digambar langsung dengan tangan dan ditandatangani," kata Michael Kirk dari rumah lelang AS Nate D Sanders.

Disney menciptakan karakter Donald di awal 1930-an untuk menjadi teman bagi tokoh Mickey Mouse. Bebek yang selalu mengenakan baju dan topi pelaut berwarna biru itu pertama kali muncul di film kartun The Wise Little Hen yang rilis 1934.

Gambar berukuran 13x7 inchi itu dilengkapi dengan sertifikat autentikasi oleh pakar dari perusahaan Disney, Phil Sears. Ada beberapa lipatan pada sketsa pensil tersebut, tetapi secara keseluruhan sketsa berada dalam kondisi baik.

Biasanya, Disney mengandalkan tim animator untuk menggambar karakter. Kebiasaan Disney mendelegasikan hampir semua karya animasi kepada animator lain membuat sketsa Donald dari koleksi pribadi mendiang itu sangat berharga.

Donald Duck terkenal karena kepribadian pemarah dan suara seraknya. Dikabarkan bahwa namanya diilhami oleh pemain kriket legendaris Australia, Donald Bradman, yang dipecat karena insiden yang berhubungan dengan seekor bebek.

Sampai 1985, vokal Donald dalam film disulih suara oleh Clarence Nash. Donald yang sudah muncul dalam lebih dari 150 film memiliki romansa dengan Daisy Duck, dan memiliki tiga keponakan bernama Huey, Dewey, dan Louie, dikutip dari laman Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement