Kamis 30 Aug 2018 17:57 WIB

Menyatukan Alam dan Manusia di Kawasan Hunian

Manusia, alam dan teknologi dapat bersinergi menjadi kekuatan

Tampak taman dan tempat bermain  perumahan Hadez  Sentosa Residence (ilustrasi).
Foto: dok Hadez Graha Karya
Tampak taman dan tempat bermain perumahan Hadez Sentosa Residence (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsep memanusiakan manusia dengan mengutamakan hubungan antara manusia dan lingkungan dapat diterjemahkan dalam arti yang luas.

Di atas lahan yang luas, konsep itu dapat diwujudkan pengembang dengan menciptakan kawasan terbuka hijau di sebuah kawasan pemukiman agar terkesan asri. 

Pengembangan lingkungan buatan yang dibuat sebisa mungkin dengan bernuansa alami.  Keberadaan danau tersebut dapat melengkapi keberadaan fasilitas sosial yang terdapat di sebuah kawasan perumahan.

Di sepanjang tepi danau ini warga dapat menjalankan segala aktivitasnya seperti berolah raga, taman dan sejumlah kegiatan santai lainnya. Adanya pepohonan hijau di sekitar danau dan pemukiman akan menjadi nilai tambah bagi penghuninya. 

Konsep tersebut salah satunya dikembangkan pada Hadez Sentosa Residence di Jatiasih Bekasi. Berdiri di atas lahan seluas 16 hektar, Hadez Sentosa Residence dikembangkan dengan konsep modern yang menyatukan sentuhan teknologi dan unsur alam yang kental.

Hunian yang dibangun sebanyak 1000 unit yang terbagi ke dalam lima cluster. Di bagian ruang terbuka hijau juga disediakan gazebo dan taman bermain untuk anak sebagai area komunal.

Kesan modern juga tampak dari model hunian yang mengacu pada konsep desain kontemporer kekinian. Tampilan bangunan yang dirancang dengan bentuk sederhana dan sudut yang tegas, serta permainan material pada bagian fasadenya (mayoritas material bermotif natural sperti motif kayu dan batu) mempertegas nuansa tersebut.

Presiden Direktur PT Hadez Graha Karya, Ahmad Saepulloh dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/8) mengatakan, konsep huniannya adalah ingin memanusiakan manusia dalam satu lingkungan alam yang hijau dengan mengikuti teknologi kekinian. "Alam dan manusia menjadi satu kekuatan yang saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan," katanya. 

Karena itu pihaknya juga melengkapi fasilitas pendukung perumahan seperti pusat perbelanjaan, sarana kebugaran, pendidikan, hingga keamanan 24 jam. 

Kawasan ini berdekatan dengan pintu tol Jatiasih, Bekasi Barat dan Cikunir.  Bahkan dalam waktu dekat jika moda transportasi light rail transport (LRT) beroperasi Hadez sentosa Residence akan sangat diuntungkan karena lokasinya hanya 15 menit menuju Stasiun LRT Cikunir.

Hal itu tidak terlepas dari kawasan Timur Jakarta yang berkembang pesat seiring dibangunnya berbagai infrastruktur secara masif di kawasan tersebut. Seperti kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung, LRT Cawang-Bekasi Timur-Cikarang dan Automated People Mover (monorail) dan Jakarta Cikampek Elevated Highway.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement