Senin 27 Aug 2018 23:59 WIB

Jenis Makanan Ini Bisa Kurangi Pengaruh Alkohol

Alkohol bisa mempengaruhi hormon sehingga menyebabkan dehidrasi

Rep: Nora Azizah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Minuman Beralkohol
Foto: Republika/Prayogi
Minuman Beralkohol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi mabuk menjadi keadaan yang tidak enak bagi seseorang. Mabuk atau 'hangover' biasanya disebabkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Gejala mabuk beragam, mulai dari kelelahan, mual, sakit kepala, silau ketika melihat cahaya, dehidrasi, dan merasa pusing selama beberapa jam.

Penelitian mengenai mabuk cukup terbatas, demikian pula cara mengatasinya. Tubuh akan mengalami respons hormonal dan imun spesifik selama mabuk. Itu sebabnya gejala mabuk bisa berbeda. Meski tidak ada obat, namun ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa mengurangi 'hangover'. Berikut rangkumannya diambil dari laman Health Line.

1. Pisang

Alkohol ketika dikonsumsi akan mem-blok produksi hormon. Khususnya hormon yang membantu tubuh menahan kondisi haus. Itu sebabnya saat mabuk tubuh akan merasakan dehidrasi akibat kehilangan banyak elektrolit sejenis potasium dan sodium. Pisang dengan kandungan potasium tinggi bisa membantu. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 16 persen potasium dari nilai nutrisi di dalamnya.

2. Telur

Telur kaya akan cysteine, yakni sejenis asam amino yang digunakan tubuh untuk memroduksi antioksidan glutathione. Saat minum alkohol jumlah glutathione menurun. Tanpa glutathione, tubuh bisa drop akibat tak mampu mengolah racun di dalam tubuh. Metobelisme tubuh juga terganggu. Mengonsumsi telur yang kaya akan glutathione bisa menjadi solusi.

3. Semangka

Sakit kepala selalu menjadi dampak dari mabuk. Hal tersebut disebabkan dehidrasi dan penurunan aliran darah ke otak. Semangka dipercaya bisa membantu. Semangka kaya akan L-sitrulin, yakni nutrisi yang mampu meningkatkan aliran darah. Kandungan airnya yang tinggi juga bisa mengobati dehidrasi.

4. Madu

Tinggi akan fruktosa membuat madu bisa mengobati mabuk. Faktanya, madu mengandung 34,8 persen hingga 39,8 persen fruktosa. Meski penelitian terhadap madu tergolong sedikit, madu sangat mampu mengurangi kadar alkohol di dalam tubuh secara cepat. Kemampuan kecepatannya memang belum bisa dibuktikan dalam mengurangi intensitas gejala mabuk. Namun mengonsumsi fruktosa jauh lebih baik dan disarankan apabila merasa mabuk.

5. Kacang

Kandungan magnesium yang tinggi membuat kacang cocok dikonsumsi saat merasa mabuk. Konsumsi alkohol bisa menguras magnesium di dalam tubuh. Dengan konsumsi kacang maka akan terjadi peningkatan jumlah magnesium. Sebanyak 71 gram almond mengandung sekitar 50 persen magnesium. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement