Jumat 24 Aug 2018 14:44 WIB

Searching, Misteri dari Balik Layar Komputer

Semua adegan dalam Searching hanya memperlihatkan satu layar komputer penuh.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Film Searching.
Foto: dok Sony Pictures
Film Searching.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- David Kim (John Cho) dibuat bingung oleh perilaku anaknya, Margot (Michelle La), yang mulai berubah semenjak kepergian ibunya, Pam (Sara Sohn), akibat penyakit limfoma. Anak yang selama ini ia kira ia sangat pahami tingkah lakunya, ternyata menyimpan rahasia besar yang membuatnya terlibat dalam suatu kejadian aneh.

Film Searching merupakan sebuah film garapan Aneesh Chaganty yang berfokus pada satu keluarga Asia-Amerika yang sehari-harinya dipenuhi dengan kegembiraan. Keluarga Kim dapat dibilang sebagai keluarga idaman. Dimulai dari seorang figur ayah yang sangat mencintai istri dan anaknya, ibu yang tidak pernah absen dalam mendokumentasi pertumbuhan anaknya, dan seorang anak manis yang berprestasi dalam bidang musik.

Kebahagiaan yang dirasakan para anggota keluarga Kim selalu didokumentasikan dalam agenda di tanggalan komputer. Dimulai dari hari pertama Margot masuk sekolah, sampai kegiatan Margot dan ibunya bermain piano. Namun semua itu sirna sejak Pam gagal pulang ke rumah usai pengobatan limfoma yang tidak berhasil.

Beberapa tahun telah berlalu semenjak awan hitam mulai singgah di kediaman keluarga Kim. Komunikasi antar David dan Margot sekarang tidak lagi dipenuhi senyuman yang sering terlihat ketika Pam masih ada. Bahkan David benar-benar menghindari pembicaraan yang akan menyebut tentang Pam dan tidak pernah menyebut namanya ketika bersama dengan Margot.

Berbeda dengan yang lain, film Searching yang bergenre thriller drama ini mengajak penonton melihat seluruh adegan melalui layar komputer. Semua kegiatan yang dilakukan oleh para pemain disajikan dalam bentuk unggahan video, dokumen pribadi, dan video webcam.

Produksi film ini sangatlah unik. Pasalnya, semua adegan dalam Searching hanya memperlihatkan satu layar komputer penuh. Penonton benar-benar tidak akan melihat adegan yang terlihat secara langsung. Bahkan untuk beberapa adegan terkait dengan David, Margot, dan seorang detektif tidak ditampilkan seperti adegan-adegan dalam film lainnya. Semua disaksikan melalui video wawancara dan konferensi pers siaran langsung dari beberapa situs berita.

Konsep pengambilan gambar dalam Searching awalnya akan membuat penonton sedikit bingung dan bertanya-tanya. Apakah semua adegan hanya diwakilkan oleh satu tampilan webcam vertikal dan sebuah kotak SMS biasa? Bagaimana dengan adegan mereka bepergian ke suatu tempat?

Film Searching dapat dikatakan sebagai sebuah gebrakan baru dalam dunia perfilman. Film ini menggabungkan unsur dunia nyata dengan seluruh aplikasi yang terdapat dalam sebuah komputer. Searching membuat dunia perfilman terlihat seperti telah berada di masa depan. Film Searching yang dibintangi oleh John Cho, Debra Messing, Michelle La, Sara Sohn, dan Joseph Lee rilis mulai hari ini, Jumat (24/8), bioskop Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement