Selasa 21 Aug 2018 05:12 WIB

Ingin Mengasah Kecerdasan? Berbicaralah pada Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri adalah cara hebat untuk memahami apa yang kita pelajari

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Kecerdasan otak/ilustrasi
Kecerdasan otak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin berpikir seseorang yang berbicara kepada diri mereka sendiri dengan suara keras sedikit aneh. Namun, berbicara dengan diri sendiri adalah cara hebat untuk lebih memahami apa yang Anda pelajari.

Berbicara dengan diri sendiri ini bukan membahas seuatu kegiatan atau kondisi keseharian, seperti kondisi cuaca. kebiasaan ini dikembangkan untuk membahas tentang suatu masalah.

Penulis Learn Better Ulrich Boser menjelaskan,  tidak begitu banyak "memiliki percakapan dengan diri sendiri untuk menjelaskan sesuatu untuk pengetahuan pribadi. Seperti, berbicara tentang semua yang telah Anda pelajari kepada diri sendiri layaknya mengajar orang lain.

Memang dengan memberikan pengetahuan kepada orang lain adalah cara yang bagus untuk memahami subjek dengan kuat. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan orang lain untuk mendengarkan.

Boser mengatakan, berbicara dan menjelaskan pada diri sendiri itu memperlambat sehingga membangun pikiran dengan lebih hati-hati. Refleksi semacam itu memungkinkan seseorang untuk memantapkan apa yang telah dipelajari dan mendapatkan lebih banyak dari pengalaman secara keseluruhan.

Berbicara dengan diri sendiri memungkinkan seseorang bertanya "Mengapa?" Dan menjawabnya sebaik mungkin tanpa membiarkan pikiran mengembara. Tindakan berbicara membuat tetap fokus. Kalau Anda dapat secara lisan menjawab pertanyaan sulit yang diajukan sendiri dengan baik, maka Anda telah tahu apa yang perlu diketahui.

Meringkas juga merupakan alat yang ampuh ketika belajar, terlebih lagi ketika Anda melakukannya secara verbal. Ini dapat meningkatkan pemahaman bacaan dan memberi kesempatan untuk membuat koneksi penting yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya.

Setelah pelajaran, ceramah, pertemuan, atau sesi membaca, lihat apakah Anda dapat menjelaskan kepada diri sendiri dengan keras apa yang baru saja dipelajari. Awalnya akan terasa agak konyol, namun, perasaan itu akan terlupakan ketika  merasakan manfaatnya sendiri, dikutip dari lifehacker, Selasa (21/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement