Senin 20 Aug 2018 10:49 WIB

Cek Email di Luar Jam Kerja Bahayakan Kesehatan

Batasan 'bekerja fleksibel' sering kali berubah menjadi 'bekerja tanpa batas.'

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Wanita karier bugar/ilustrasi
Foto: bananatechs.com
Wanita karier bugar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres akibat tuntutan pekerjaan memicu ketegangan dan konflik dalam hubungan keluarga. Banyak pasangan masih rajin memeriksa surel (email) di luar jam kerja yang ternyata bisa membahayakan kesehatan.

Studi di Virginia Tech, Amerika Serikat menunjukkan perilaku ini menyebabkan kecemasan, yang berdampak buruk pada kesehatan karyawan dan keluarga mereka. Profesor di Virginia Tech, William Becker mengatakan tuntutan pekerjaan di luar jam kerja membuat karyawan dilema dan akhirnya merusak kehidupan pribadinya.

Mengapa Depresi Pengaruhi Tidur?

Karyawan hendaknya tak perlu menghabiskan waktu aktual mereka di rumah untuk memeriksa email baru yang masuk ke ponsel. Ini hanya menguras fisik dan psikologis.

"Batasan 'bekerja fleksibel' sering kali berubah menjadi 'bekerja tanpa batas,' yang akhirnya mengorbankan kesehatan, kesejahteraan karyawan dan keluarga mereka," ujar Becker, dilansir dari Mid Day, Senin (20/8).

Karyawan saat ini perlu menentukan batas-batas lebih kompleks antara pekerjaan dan keluarga. Kebiasaan ini hanya membuat karyawan merasa mereka berkewajiban mengalihkan sejenak perannya dalam keluarga untuk pekerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement