Ahad 19 Aug 2018 04:36 WIB

Bisakah Seseorang Terserang Cacar Air Dua Kali?

Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Cacar Air
Foto: .
Cacar Air

REPUBLIKA.CO.ID, INDIA -- Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit ini merupakan penyakit menular dan dapat menjadi penyakit serius pada bayi dan orang dewasa.

Penyakit ini ditandai dengan munculnya gelembung kecil berisi cairan di kulit punggung, wajah, atau perut. Gejala ini bisa menyebar sangat cepat ke seluruh tubuh dan menyebabkan rasa gatal. Semua ini juga bisa disertai demam, pusing, sakit kepala, dan kelelahan.

Jika anda belum pernah mendapatkan cacar air, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkannya jika bersentuhan dengan orang yang terinfeksi. Namun yang menjadi pertanyaan apakah seseorang bisa terkena cacar dua kali?

Dilansir dari Times of India, Sabtu (18/8), seseorang pada umumnya tidak bisa terkena cacar air dua kali. Meski kondisi tertentu seperti lemahnya sistem kekebalan tubuh atau usia lanjut dapat mengaktifkan kembali virus tersebut di kemudian hari. “Suatu kondisi yang disebut sinanaga,” kata konsultan senior obat penyakit dalam RS Indraprastha Apollo New Delhi, Dr. Tarun Sahni.

Salah satu penyakit lain yang mirip cacar air adalah herpes zoster. Gejalanya hampir sama dan disebabkan virus varicella zoster. Herpes Zoster biasanya timbul karena kadar antibodi virus varicella zoster dan imunitas seluler dalam tubuh menurun. Akiabtnya pertahanan tubuh tidak lagi efektif untuk menahan virus ini dan timbul aktivasi kembali

Sebagai catatan tambahan, seseorang juga mungkin saja tidak akan pernah terkena cacar air selama hidupnya. Salah satunya bagi mereka yang sudah pernah mendapatkan vaksin cacar air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement