Sabtu 11 Aug 2018 12:02 WIB

Haruskah Pangeran Harry Bungkukkan Badan ke Si Kecil George?

Bila William menjadi Raja, Harry harus menghormati George, Charlotte dan Lois

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kate Middleton menggendong Pangeran Louis, bersama Pangeran William yang menggandeng Putri Charlotte dan Pangeran George.
Foto: AP
Kate Middleton menggendong Pangeran Louis, bersama Pangeran William yang menggandeng Putri Charlotte dan Pangeran George.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Harry dan Pangeran William memiliki hubungan yang sangat dekat dan akrab. Terlepas dari kedekatan dua bersaudara ini, Pangeran Harry dan Pangeran William tetap harus mengikuti aturan tata krama kerajaan. Salah satunya aturan terkait membungkukkan badan sebagai bentuk penghormatan.

Selain membungkukkan badan di hadapan Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry juga harus membungkukkan badan kepada Pangeran William. Berdasarkan aturan tata krama kerajaan, Pangeran Harry juga harus membungkuk kepada Pangeran William dan anggota-anggota kerajaan lain yang memiliki posisi lebih tinggi dalam urutan pewaris tahta kerajaan. Seperti diketahui, Pangeran William menempati urutan kedua sebagai pewaris tahta kerajaan.

Di samping membungkukkan badan kepada Ratu Elizabeth II dan Pangeran William, Pangeran Harry juga harus membungkukkan badan kepada beberapa anggota kerajaan lain yang memiliki kedudukan lebih tinggi. Contohnya adalah Pangeran Philip, kakeknya sendiri. 

Sebagai suami dari Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip mendapatkan penghormatan tertinggi dari anggota keluarga kerajaan lain termasuk Pangeran Harry. Di sisi lain, Pangeran Philip juga dikatakan tetap membungkukkan badan kepada sang istri, Ratu Elizabeth II.

photo
Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Kedua adalah Pangeran Charles, ayah Pangeran Harry. Meski terdengar aneh, membungkukkan badan kepada ayah sendiri merupakan hal biasa di antara keluarga kerajaan. Harry kemungkinan hanya membungkukkan badan di hadapan Pangeran Charles dalam upacara-upacara maupun makan malam formal. Akan tetapi, jika Pangeran Charles naik tahta menjadi raja, Harry harus membungkuk kepada Pangeran Charles setiap kali bertemu.

photo
Pangeran Charles.

Selanjutnya adalah Camilla Parker Bowles. Sebagai pasangan raja di masa depan, Camilla juga akan menerima penghormatan dari Harry dan anggota keluarga Harry. Namun saat ini, Camilla hanya menerima bungkukkan badan Harry ketika ia muncul bersama Pangeran Charles.

photo
Pangeran William dan Camilla Parker dalam perayaan Imlek di London, Inggris.

Kemudian, Kate Middleton sebagai istri Pangeran William, Harry juga harus membungkukkan badan di depan Kate Middleton. Akan tetapi, aturan ini hanya berlaku jika Kate muncul bersama dengan Pangeran William. Kate juga akan mendapatkan perlakuan yang sama seperti Camilla karena Kate merupakan istri dari raja di masa depan.

photo
Kate Middleton.

Lalu bagaimana dengan putra putri pangeran William? Saat ini, Pangeran Harry memang tidak memungkukkan badan di hadapan keponakan-keponakannya ini. Akan tetapi, saat anak-anak dari Pangeran William dan Kate Middleton ini beranjak dewasa, Pangeran Harry harus mulai menunjukkan sikap hormat. Saat Pangeran William menjadi raja, Pangeran Harry harus membungkukkan badan di depan Pangeran George dalam acara-acara formal.

photo
Kate Middleton menggendong Pangeran Louis, bersama Pangeran William yang menggandeng Putri Charlotte dan Pangeran George.

Selain aturan membungkukkan badan, ada beberapa aturan tata krama lain yang harus dipatuhi Pangeran Harry. Saat melakukan kunjungan di dalam dan luar negeri, Pangeran Harry diharuskan menerima hadiah pemberian dengan sangat ramah terlepas dari seberapapun anehnya hadiah tersebut.

Terkait percakapan, orang-orang non keluarga kerajaan tidak diperbolehkan untuk memulai atau menginisiasi percakapan dengan anggota keluarga kerajaan. Orang-orang non keluarga kerajaan harus menunggu keluarga kerajaan memulai percakapan lebih dulu. Karena itu, Pangeran Harry diharapkan untuk memulai percakapan lebih dulu saat berkumpul dalam acara makan malam maupun acara-acara lain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement