Kamis 09 Aug 2018 02:02 WIB

Kemenpar Kembali Perkuat Co-Branding dengan Sejumlah Brand

Kerja sama co-branding dalam mencapai target wisman di 2019

Armada Blue Bird yang dilakukan branding Wonderful Indonesia
Foto: dok: kemenpar
Armada Blue Bird yang dilakukan branding Wonderful Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kementerian Pariwisata kembali melakukan Perjanjian Kerjasama Co-Branding Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI) dengan 11 brand terbaru. Jumlah tersebut menambah jumlah brand yang telah bekerja sama mencapai 130 brand.

Brand tersebut terdiri dari berbagai kategori produk, seperti Fast Moving Consumer Goods (FMCG), banking, kuliner, digital hingga selebritis endorser yang melakukan co-branding dengan WI/PI.

"Dan hari ini bertambah 11 brand melakukan MoU," ujar  Ketua Tim Co-Branding Wonderful Indonesia Kemenpar Priyantono Rudito, Rabu (8/8) kemarin.

PKS ini sebagai wujud in action Co-Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mempercepat tercapainya target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini dan 20 juta wisman pada tahun depan.

 

Priyantono Rudito mengatakan, dari 130 brand yang sudah melakukan MoU, 41 diantaranya telah menandatangani PKS dengan Kemenpar. Sehingga sudah melakukan in action konkret untuk meningatkan ekuitas dari brand Wonderful Indonesia di mancanegara maupun Pesona Indonesia di Tanah Air.

"Misalnya, dengan PT Blue Bird Group yang memasang logo WI di kendaraan taksi dan bus,  kemudian Kemenpar memberikan benefit berupa Training for the Trainer Program Wonderful Indonesia Service Ambassador (WISA) kepada para pengemudi Blue Bird," kata Priyantono Rudito.

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara mengatakan, MoU ini merupakan gerbang masuk dari kerjasama bekelanjutan antara Kemenpar dengan co-branding partners serta dalam rangka membangun komitmen bersama yang bersifat simbiosis mutualisme.

Ukus Kuswara berharap agar sinergi yang terbentuk ini dapat memberikan manfaat bagi dua belah pihak, dimana pada perspektif Kemenpar adalah meningkatnya jumlah wisman dan wisnus serta awareness terhadap brand Wonderful Indonesia.

Sebelas brand yang melakukan penandatanganan MoU hari ini di antaranya Bali Bird Park, Mandiri e Money, Tauzia Hotel, Mustika Ratu, Centro Keramik, Hotel Tugu, Mixagrip, Bango, Trans Jakarta, Damri, dan Orchid Forest Cikole.

Irene Janti, Corporate Director of Marketing Tauzia Hotel mengatakan, optimistis kerja sama ini dapat memberi keuntungan kedua belah pihak. Dimana Tauzia Hotel dapat menggandeng brand Wonderful Indonesia juga Pesona Indonesia dalam bagian event dan strategi marketing yang mereka jalankan.

"Sementara untuk Tauzia, kita ada rencana untuk ekspansi ke luar Indonesia serta lokasi-lokasi baru di Indonesia. Dari situ mungkin kita bisa gandeng programnya Kemenpar," ujar Irene.

Irene menjelaskan, ketika Kemenpar mengembangkan satu destinasi baru, akan ada dampak positif yang bisa diambil.

"Sehingga saat kita approach developer, bisa memberi gambaran bahwa di destinasi itu akan dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan. Sehingga memberi dampak pada business development kita," ujar Irene.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement