Rabu 08 Aug 2018 22:30 WIB

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Bila Flu Menyerang

Sup ayam masih menjadi salah satu 'obat' paling manjur mengurangi influenza

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sakit flu
Foto: flickr
Sakit flu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang tahu bagaimana rasanya bila flu tiba-tiba menyerang. Mulai dari hidung yang tersumbat, sakit tenggorokan, kepala pusing, dan badan merasa tidak enak.

Kamu pasti langsung berpikiran untuk mencari obat-obatan di apotik yang dapat meredakan flumu dengan segera, bukan? Namun tidak ada obat yang dapat menyembuhkanmu dengan begitu sangat cepat. Meskipun begitu kamu bisa melakukan hal-hal seperti yang telah Republika lansir dari Science Alert untuk membuatmu merasa baik saat terserang flu.

Suplemen Vitamin C

Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi 200 mg vitamin C setiap hari dapat mengurangi flu yang sedang dideritanya  Meskipun efek yang akan diberikan kecil, tidak ada salahnya mencoba untuk mengkonsumsi vitamin C di kala flu. Namun jika anda memiliki penyakit yang tidak boleh mengkonsumsi suplemen vitamin C sebaiknya hal ini tidak dianjurkan

Suplemen Zat Besi

Dari sebuah tinjauan penelitian yang melihat apakah ada perubahan pada orang dewasa yang telah mengkonsumsi 75 mg suplemen zat besi dalam waktu 24 jam, menunjukkan bahwa flu bisa berkurang setengahnya. Cukup manjur namun efek samping yang ditimbulkan seperti rasa mual membuatmu merasa tidak enak.

Selain itu jangan terlalu banyak mengkonsumsi suplemen zat besi dan jika flu sudah hilang disarankan untuk tidak melanjutkan mengkonsumsi suplemen zat besi karena dapat menyebabkan anemia, mengurangnya jumlah sel darah putih dan masalah ingatan.

Bawang Putih

Hanya satu penelitian telah menguji dampak bawang putih pada flu biasa. Peneliti meminta 146 orang untuk mengambil suplemen bawang putih atau plasebo setiap hari selama 12 pekan. Hasilnya orang yang mengkonsumsi bawang putih menunjukkan pengurangan flunya daripada orang yang mengambil pengobatan placebo. 

Probiotik

Dalam tinjauan dari 13 uji coba suplemen probiotik yang mencakup lebih dari 3.700 anak-anak, orang dewasa dan lansia, mereka yang mengonsumsi probiotik cenderung dapat mengurangi flunya. Probiotik ini bisa dalam bentuk produk yang berbasis susu seperti yoghurt atau kapsul.

Sup ayam

Sup ayam terbukti untuk meredakan flu. Dalam percobaan baru pada 15 orang dewasa yang sehat, para peneliti mengukur kecepatan aliran lendir hidung para peserta - kemampuan kita untuk memecah dan mengeluarkan lendir untuk bernafas lebih jelas. Para peneliti menghubungkan ini dengan sup ayam merangsang bau atau reseptor rasa, yang kemudian meningkatkan aliran pernafasan hidung. Studi lain mengenai sup ayam ditemukan dapat membantu melawan infeksi dan pemulihan dari infeksi saluran pernafasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement