Selasa 07 Aug 2018 17:06 WIB

Rahasia Mengendalikan Berat Badan Ideal Tanpa Diet

Tetap terhidrasi dan tidur cukup merupakan cara tepat jaga berat badan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Berolahraga teratur dan menerapkan pola makan sehat bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Berolahraga teratur dan menerapkan pola makan sehat bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program diet tidak selalu berjalan mulus. Menurut survei, sembilan dari 10 orang yang berdiet cenderung gagal menyelesaikan misi mengendalikan berat badan.

Ada hal yang lebih disarankan daripada berusaha keras menurunkan bobot lewat pengaturan pola makan yang ketat. Berikut rahasia sederhana untuk tetap ramping tanpa diet yang dianjurkan pakar diet Jason Ewoldt.

- Tetap terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci utama menjaga berat badan. Sebuah studi tahun 2016 dengan 18 ribu peserta di AS menunjukkan bahwa orang yang minum air putih dalam jumlah cukup memiliki risiko lebih rendah mengasup kalori berlebih.

photo
Orang sukses memiliki skala prioritas yang baik dalam berkegiatan, termasuk cukup tidur pada Ahad malam.

- Tidur cukup

Kurang tidur membuat tubuh kelelahan dan kurang produktif. Studi tahun 2013 yang diterbitkan di jurnal Nature Communications mengungkap, kurang tidur membuat seseorang memilih makanan tinggi kalori sehingga lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan.

- Bergerak

Studi menunjukkan, orang yang aktif bergerak di pagi hari dalam kondisi perut kosong bisa membakar 20 persen lemak dalam tubuh. Keuntungan olahraga pagi tidak hanya mengecilkan lingkar pinggang, tapi juga membuat jantung dan paru-paru lebih sehat.

photo
Pola makan teratur dengan menu sehat (ilustrasi)

- Makan teratur

Sarapan dan makan siang tepat waktu adalah hal wajib bagi orang yang ingin mengendalikan berat badan. Hal itu amat dianjurkan karena makan sesudah perut benar-benar kelaparan justru memicu dorongan impulsif memilih makanan tidak sehat.

- Camilan sehat

Bagi orang yang doyan ngemil, sangat penting menyediakan camilan sehat di sekitar. Pilih jajanan sehat seperti kacang-kacangan, stik keju, atau pisang di tempat yang mudah dijangkau agar mudah diambil saat lapar di luar jam makan.

photo
Anak makan buah

- Makan buah

Buah mengandung banyak serat, vitamin, dan air, membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Ewoldt menyarankan asupan buah cukup setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh. Bisa juga mencampurnya dengan yogurt, biji-bijian, dan oat untuk variasi, dilansir dari Business Insider.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement