Sabtu 04 Aug 2018 06:42 WIB

Memasak Menu Nusantara dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan tak ubah minyak sawit yang lebih populer.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Perkedel jagung dan tumis sapi lada hitam ala Chef Rinrin Marinka.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Perkedel jagung dan tumis sapi lada hitam ala Chef Rinrin Marinka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan minyak zaitun terkadang diasosiakan sebatas pada masakan barat. Membuat tumis kangkung, misalnya, atau tongseng, diragukan akan terasa nikmat jika menggunakan minyak zaitun

Chef Rinrin Marinka pun membagikan dua resep sederhana yang bisa diolah menggunakan minyak zaitun. Koki 38 tahun kelahiran Jakarta itu menghadirkan menu dalam rangka kampanye "Bertolli Way", yaitu tantangan memasak kuliner Indonesia dengan minyak zaitun.

Dua menu ala Marinka tersebut adalah perkedel jagung dan tumis sapi lada hitam yang mudah dicoba sendiri di rumah. Pada kegiatan demonstrasi memasak di Jakarta, Selasa (31/7), menu dimasak oleh tim Bertolli bersama praktisi kuliner Gwendoline Winarno.

"Sepanjang kampanye di kanal media sosial mendatang, kami akan berbagi resep masakan pribadi, tips, dan cara-cara praktis yang dapat digunakan saat memasak sehari-hari," kata Gwen mewakili Marinka yang berhalangan hadir karena sedang berada di luar negeri.

Baca juga: Cornelia Agatha Belajar Masak Kerak Telur dari Youtube

Untuk menu pertama, adonan perkedel dibuat dari empat buah jagung manis yang sudah dipipil, dua butir telur, 100 gram tepung terigu, satu sendok makan air, dua tangkai daun ketumbar, dan cabai rawit rajang. Masukkan juga bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, dan merica bubuk.

Seluruh adonan dan bumbu halus diaduk hingga tercampur rata. Setelah itu, panaskan minyak zaitun pada wajan, goreng adonan hingga matang dan berwarna keemasan. Perkedel jagung pun siap diangkat dari wajan dan lezat disantap selagi hangat.

Menu berikutnya yang dihadirkan Marinka adalah tumis sapi lada hitam. Cara membuatnya, rendam 200 gram daging sapi yang sudah dipotong-potong dalam gabungan sepertiga sendok teh jahe bubuk, satu sendok teh lada hitam bubuk, satu sendok makan minyak zaitun, satu sendok makan tepung jagung, dan satu sendok makan kecap.

Setelah direndam beberapa saat, masak daging dengan minyak zaitun hingga setengah matang dan sisihkan. Langkah selanjutnya yaitu tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah, jahe, dan paprika dalam wajan hingga harum.

Kemudian, tambahkan daging sapi yang sudah setengah matang ke dalam wajan, beri sedikit air serta garam dan lada secukupnya. Biarkan sejenak sampai daging empuk dengan tingkat kematangan sesuai selera, angkat, dan tumis sapi lada hitam pun siap disajikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement