Jumat 03 Aug 2018 05:01 WIB

Ketika Si Dia Butuh Ruang untuk Sendiri

Memberi ruang pada pasangan adalah hal wajar.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi pasangan suami istri
Foto: EPA/Sebastian Silva
Ilustrasi pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruang pribadi sangat penting karena setiap orang membutuhkan waktu untuk sendiri. Jika Anda berada dalam sebuah hubungan di mana pasangan memberi tahu Anda dia membutuhkan waktu untuk sendiri, maka ada banyak cara menghadapi situasi ini.

Anda juga tak perlu khawatir mengiyakan permintaan pasangan. Namun, Anda perlu memastikan itu berimplikasi positif bagi kehidupan asmara kalian.

Bagaimana caranya memahami konsep ruang sendiri dalam sebuah hubungan? Berikut tipsnya, dilansir dari Womanitely, Kamis (2/8).

Pahami kebutuhan pasangan

Jika pasangan memberi tahu Anda dia membutuhkan lebih banyak ruang untuk sendiri, cobalah membicarakannya dan temukan alasan untuk permintaan ini. Alasannya tak selalu karena Anda, sehingga jangan bersikap defensif.

Si dia mungkin tengah menghadapi tugas berat di kantor, merasa perlu waktu lebih untuk bergaul dengan teman-teman, atau hanya ingin menghabiskan waktu untuk menjalani hobi. Bertanya dan memahami alasan pasangan membuat Anda mengetahui berapa lama waktu yang bisa Anda berikan kepadanya. Ini juga untuk menjaga hubungan tetap sehat dan tidak menimbulkan pertengkaran.

Jangan berpikiran negatif

Setelah pasangan memberi tahu alasannya, cobalah memahami apa yang dia butuhkan. Mengetahui secara spesifik apa yang dibutuhkan pasangan bisa membantu Anda mengetahui jika ada sesuatu salah terjadi antara kalian.

Jika pasangan menginginkan lebih banyak waktu untuk hobi, Anda bisa meluangkan waktu khusus untuk menemaninya menjalani hobinya. Namun, sebelum itu minta izin terlebih dahulu pada si dia.

Jangan biarkan ruang menjadi jarak

Ketika Anda menawarkan kepada pasangan ruang yang dia butuhkan, situasi mungkin akan menjadi sedikit aneh. Kalian mungkin merasa semakin menjauh satu sama lain. Untuk menghindari itu, kalian berdua harus bersepakat saling mengabari satu sama lain, misalnya setiap Sabtu malam atau setidaknya sekali sepekan.

Jangan biarkan keputusan ini memengaruhi hubungan

Ketika Anda menawarkan lebih banyak ruang untuk pasangan, Anda harus memutuskan sesuai kepribadian mereka. Ada situasi di mana hal ini akan memanipulasi pikiran Anda, seperti jika pasangan Anda sebelumnya pernah membohongi Anda, jika mereka tidak peduli kebutuhan Anda, atau sebelumnya si dia pernah berselingkuh namun Anda maafkan.

Anda adalah orang yang tahu bagaimana pasangan Anda. Memberinya ruang untuk sendiri adalah hal wajar dilakukan dan itu bisa berlaku sama untuk Anda. Namun, Anda harus memastikan si dia tak menggunakan kesempatan itu untuk melakukan hal-hal yang mungkin membahayakan hubungan kalian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement