Jumat 27 Jul 2018 15:30 WIB

Minyak Goreng untuk Penderita Hipertensi

Makanan sehat berasal dari cara pengolahan dan bahan yang tepat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Minyak zaitun
Foto: flickr
Minyak zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Di seluruh dunia, tiga dari 10 orang menderita hipertensi. Sekitar 1,8 miliar orang menderita hipertensi secara global dan hanya 50 persen dari mereka yang menyadarinya.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah yang kalau tidak diperhatikan dapat menyebabkan isu kesehatan yang lebih besar. Masalah jantung menjadi salah satu perhatian serius bagi penderita hipertensi.

The American Heart Association menyarankan penderita penyakit jantung untuk menerapkan pola makanan seimbang yang rendah sodium dan lemak jenuh. Makanan dapat dibuat lebih sehat bila dimasak dengan cara yang benar.

Minyak adalah bahan dasar yang digunakan untuk memasak segalanya. Kalau minyak yang sehat digunakan sebagai ganti minyak biasa, yang memiliki lebih banyak lemak jenuh, separuh masalahnya teratasi.

Dikutip dari Times of India, berikut tiga minyak yang bermanfaat bagi penderita hipertensi.

Baca juga: Hiperhomosisteinemia, Kelainan Pemicu Penyakit Jantung Usia

Minyak Canola

Minyak canola adalah salah satu minyak yang paling sehat. Milik keluarga kubis, minyak cair ini mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang sangat bagus untuk tekanan darah dan kesehatan jantung. Minyak canola hanya memiliki tujuh persen lemak jenuh dan memiliki 35 persen lemak tak jenuh ganda.

Minyak Zaitun

Jenis minyak ini adalah pilihan terbaik untuk menumis makanan. Minyak zaitun memiliki 74 persen lemak tak jenuh tunggal, yang seperti yang disebutkan di atas mengurangi risiko masalah jantung. Extra virgin olive lebih disukai sebab lebih baik untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi karena memiliki lebih banyak vitamin E dibandingkan dengan variasi lain yang tersedia.

Minyak Kedelai

Komposisi lemak dari minyak kedelai adalah 61 persen lemak tak jenuh ganda, 24 persen lemak tak jenuh tunggal dan hanya 13 persen lemak jenuh. Minyak kedelai adalah pilihan ideal untuk memasak sayuran yang seharusnya dimasak dengan api kecil.

Minyak jenis ini juga dapat digunakan untuk menambah rasa pada salad. Minyak kedelai juga dapat digunakan untuk dibuat mentega dan margarin, namun, bentuk cair adalah yang terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement