Jumat 20 Jul 2018 07:37 WIB

STRONG by Zumba, Olah Raga Zumba untuk Semua Gender

Olah raga ini dapat menstimulasi pembakaran kalori dalam jumlah besar

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Pasangan karateka dunia, Umar Syarief (kanan) dan istrinya Ai Lee Syarief (tengah).
Foto: Mutia Ramadhani / Republika
Pasangan karateka dunia, Umar Syarief (kanan) dan istrinya Ai Lee Syarief (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pasangan karateka dunia, Umar Syarief dan istrinya Ai Lee Syarief berkeliling dunia, mulai dari Eropa, Amerika, hingga Asia untuk memperkenalkan STRONG by Zumba. Ini adalah inovasi baru zumba, yaitu olah raga dengan intensitas interval tinggi, tanpa tarian, diselaraskan dengan musik, menggabungkan latihan beban, pembentukan otot, kardio, dan polymetric.

Ai Lee yang merupakan juara karate asal Swiss, dan Umar yang merupakan legenda karate Indonesia berkesempatan singgah di Bali untuk bertemu banyak instruktur zumba dan penggemar fitness di Pulau Dewata. Kepulangan Umar ke Tanah Air juga dalam rangka dirinya sebagai salah satu pembawa obor Asian Games 2018.

Ai Lee menjelaskan STRONG by Zumba adalah olah raga yang diperuntukkan untuk seluruh gender, laki-laki dan perempuan, juga berbagai kalangan usia. Olah raga ini dapat menstimulasi pembakaran kalori dalam jumlah besar berkat interval dan tingkat intensitasnya berbeda.

"STRONG by Zumba ini bukan menari, sehingga bisa dilakukan laki-laki juga perempuan. Jika zumba fitness dan olah raga kardio biasa hanya membakar kalori selama latihan, maka pembakaran kalori dengan STRONG by Zumba justru berlanjut hingga selesai latihan," kata Ai Lee dijumpai Republika di Denpasar, Kamis (19/7).

Satu sesi olah raga STRONG by Zumba biasanya berlangsung satu jam dengan rincian empat kuadran. Masing-masing kuadran berlangsung 8-12 menit. Kuadran pertama adalah dasar dan pemanasan. Kuadran kedua dan ketiga adalah gerakan intensitas dan interval tinggi. Kuadran keempat adalah pendinginan.

Zumba fitness yang dikenal masyarakat Indonesia saat ini menggabungkan musik dan tarian Latin. STRONG by Zumba berbeda, bahkan sebagian dari gerakannya mengadopsi gerakan bela diri yang tegas. Ai Lee dan Umar mengembangkannya setelah menerima permintaan banyak penggemar fitness yang membutuhkan latihan nontarian yang lebih berorientasi pada kebugaran dan dengan intensitas lebih tinggi.

Umar menambahkan STRONG by Zumba sangat tepat bagi laki-laki juga perempuan yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk otot sempurna. Seluruh atlet dan mantan atlet bisa mencoba latihan ini untuk mempertahankan kondisi dan daya tahan tubuh mereka.

"STRONG by Zumba menggunakan gerakan yang ditemukan di High Intensity Interval Training (HIIT), seni bela diri, latihan fungsional atau kardio yang masih terkait dengan latar belakang karier saya sebagai seorang atlet," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement