Jumat 20 Jul 2018 06:58 WIB

Empat Kebiasaan yang Bisa Merusak Tulang Punggung

Cedera tulang punggung berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolanda
Sakit punggung/ilustrasi
Foto: glasshospital
Sakit punggung/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tulang punggung atau tulang belakang berfungsi membantu agar seseorang berdiri tegak, menyangga berat badan, dan memainkan peran utama dalam sistem saraf. Sedikit kerusakan atau cedera pada tulang belakang dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Mungkin banyak yang tidak menyadari kegiatan yang dilakukan sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan tulang belakang. Apa saja itu? Berikut kebiasaan buruk yang akan merusak tulang belakang dilansir Times of India, Kamis (19/7).

1. Memakai sepatu hak tinggi terlalu sering

Pemakaian sepatu hak tinggi terlalu sering dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang tidak selaras. Ini bisa mempengaruhi postur dan dapat menyebabkan punggung dan pinggul  tertekuk

2. Membawa beban terlalu berat

Jika membawa beban berat di gym untuk latihan, anda harus melakukannya di bawah pengawasan ahli. Membawa beban berat ketika anda tidak terbiasa akan menyakiti tulang belakang.

3. Menggendong ransel atau tas belanja berlebihan

Membawa tas belanja dan ransel yang berat membuat anda bersandar pada satu sisi atau bergerak maju. Jika tubuh anda tetap miring dalam durasi yang lama, dapat menyebabkan sakit leher dan merusak tulang belakang. Hindari membawa tas berat atau bawa beban tas berat dengan seimbang.

4. Menggunakan ponsel telepon secara berlebihan

Meskipun kebiasaan ini telah menjadi bagian dari gaya hidup, kita telah melupakan bahaya besar yang mengincar kesehatan kita. Menjulurkan leher saat menggunakan ponsel pintar atau memiringkan leher saat berbicara di telepon memberi banyak tekanan pada tulang punggung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement