Kamis 19 Jul 2018 09:22 WIB

Satu Lagi Manfaat ASI, Hambat Pertumbuhan Bakteri Diare

Banyak cara alami meningkatkan suplai ASI.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Air Susu Ibu yang diperah.
Foto: ist
Air Susu Ibu yang diperah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sekarang Anda bisa bangga memberikan ASI pada si kecil. Aktivitas menyusui terbukti meningkatkan perlindungan tubuh anak dari diare dan penyebabnya, bakteri Escherichia coli.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Nutrition & Intermediary Metabolism. Para peneliti dari University of Notre Dame Australia dan University of Western Australia mencampurkan E coli dengan susu ibu dan susu sapi.

Mereka kemudian menginkubasi keduanya selama enam jam dan mengevaluasi suspensi campuran menggunakan kultur sel dengan metode Kjeldahl. "Perubahan dalam nitrogen dan nonprotein menunjukkan ada degradasi protein imun mineral. ASI melindungi bayi dengan menghambat pertumbuhan E coli patogenik," tulis penelitian dalam jurnal tersebut, dilansir di Health News, Kamis (18/7).

Banyak ibu tidak bermasalah dengan pasokan ASI mereka, namun beberapa ibu tak seberuntung itu. Mereka membutuhkan waktu sampai ASI mengalir lancar, bahkan ada ibu yang tak bisa menghasilkan ASI karena satu dua alasan.

Peneliti memaparkan cara alami meningkatkan suplai ASI. Caranya dengan mengonsumsi bahan-bahan berikut. Pertama, biji fenugreek, dengan cara memakan langsung atau meminumnya dengan segelas susu.

Kedua, bawang putih, dengan cara memasukkannya dalam tumisan sayur atau sup. Anda juga bisa menumis bawang putih dan menambahkannya ke dalam nasi kukus.

Ketiga, wijen hitam, merupakan sumber kalsium yang bisa meningkatkan pasokan ASI. Keempat, wortel, segelas jus mengandung vitamin A yang meningkatkan kualitas ASI. Anda juga bisa mengukus atau memasukkan wortel ke dalam bubur.

Kelima, asparagus untuk merangsang hormon untuk laktasi. Sayuran ini kaya serat dan vitamin A, K. Cuci, potong, dan rebus asparagus dengan susu. Saring dan minum.

Keenam, beras merah. Penelitian yang diterbitkan World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences mengatakan hormon dalam beras merah meningkatkan produksi ASI. Beras merah juga menyediakan energi bagi ibu pascapersalinan.

Ketujuh, aprikot, tinggi kalsium dan serat. Tambahkan aprikot dalam oat Anda. Kedelapan, jelai, meningkatkan laktasi dan menghidrasi Anda sepanjang hari. Cobalah merebus jelai dan masukkan ke dalam salad sayuran Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement